Cara Budidaya Tanaman Wortel

Cara Budidaya Tanaman Wortel – Ada yang suka wortel gak nih ? wortel (Daucas Carota L.) seringkali menjadi musuh bagi anak – anak, mungkin karena bentuknya yang kurang menarik bagi mereka, tanaman ini yang dipanen adalah umbinya, umbi wortel sendiri berwarna oranye terang, renyah, dan sedikit manis, serta berair. Sayuran ini diperkenalkan kepada anak – anak oleh orang tuannya sebagai sayuran yang kaya dalam mengandung vitamin A, namun masih banyak lagi vitamin dan zat yang terkandung dalam sayuran ini dan sangat baik bagi kesehatan tubuh kita.

Adapun kandungan yang terdapat di wortel yaitu yang pertama adalah vitamin dan mineral, vitamin A merupakan kandungan utama bagi wortel yang berguna untuk kesehatan mata, pertumbuhan dan perkembangan, dan fungsi kekebalan tubuh, kemudian wortel juga mengandung biotin (salah satu vitamin B) yang berperan pada metabolism lemak dan protein dan selanjutnya terdapat vitamin K1 yang penting untuk pembekuan darah dan meningkatkan kesehatan. Salah satu mineral yang terdapat pada wortel adalah kalium yang berguna untuk mengendalikan tekanan darah dan vitamin B6 yang berperan dalam mengubah makanan menjadi energy.

Kandungan kedua yang ada pada wortel adalah karbohidrat yang aman dikonsumsi oleh penderita diabetes, hal ini karena karbohidrat wortel memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga tidak langsung meningkatkan kadar gula dalam darah setelah dikonsumsi. Kandungan yang ketiga adalah serat, dimana berguna untuk menurunkan kadar gula dalam darah dengan memperlambat pencernaan gula dan pati, selanin itu serat juga memberi makan bakteri baik pada usus sehingga meningkatkan kesehatan usus dan mencegah terjadinya sembelit.

Adapun manfaat dari wortel yang sangat baik bagi kesehatan tubuh kita yaitu adalah mencegah penyakit jantung, melindung tubuh dari berbagai jenis kanker, merawat mata, menjaga kesehatan otak, antiradang, menjaga kesehatan kulit, dan yang terakhir adalah menjaga kesehatan gigi dari lubang yang mengganggu. Maka dari itu dengan manfaat yang sangat banyak sangat disayangkan apabila kamu gak mau ngonsumsi wortel, jadi kalo kamu males buat beli ke pasar, kamu bisa membudidayakannya sendiri, karena sebenarnya membudidayakan wortel gak terlalu sulit kok, maka dari itu, silahkan dibaca tips dan trik membudidayakan wortel sebagai berikut yak:

  • Persiapan lahan budidaya wortel

Pertama yang harus kamu lakukan adalah menggali dan menggemburkan tanah, karena pada dasarnya tanaman wortel yang diambil adalah umbinya yang akan tumbuh didalam tanah, apabila tanah yang digunakan sebaga lahan tanam itu keras, maka hasil yang didapatkan dari umbi wortel tersebut tidak akan maksimal. Selanjutnya adalah kamu harus buat bedengan yang dicampur dengan pupuk kompos atau kandang dan yang terakhir adalah buat larikan pada permukaan bedengan untuk menaburkan benih.

  • Penanaman benih wortel

Benih wortel itu berasal dari biji, sehingga bentuknya kecil dan cenderung menempel karena memiliki serabut, jadi sebelum ditanam lebih baik biji digosok dengan telapak tangan atau campurkan abu pada benih tersebut. Untuk penanamannya tinggal taburkan benih diatas larikan kemudian tutup dengan tanah, apabila tanahnya kering siram sedikit untuk menjaga kelembabannya dan tinggal tunggu 10 hari maka tanaman wortel akan tumbuh.

  • Pemeliharaan tanaman wortel

Pemupukan susulan diberikan setelah tanaman berumur satu bulan, ada dua jenis budidaya woretl yaitu organic dan non organic, maka gunakan pupuk yang sesuai dengan cara yang digunakan oleh kamu untuk menanam wortel tersebut, kemudian lakukan penyiangan gulma dan penjarangan tanaman, agar pertumbuhan umbinya sempurna kamu harus mengatur penjarangan tanaman sehingga jarak antara satu tanaman dengan yang lainnya berkisar 5-10 cm.

  • Cara panen tanaman wortel

Hasil dari tanaman wortel dapat dipanen setelah 3 bulan terhitung sejak benih tersebut ditanam, waktu pemanenan harus benar diperhatikan karena apabila umur tanaman terlalu tua maka tekstur umbi menjadi keras dan rasanya tidak akan sesuai dengan yang diinginkan, untuk cara memanennya kamu bisa langsung mencabut tanaman tersebut, kemudian cuci dan bersihkan kotoran tanah yang menempel pada umbi dengan air bersih. Budidaya wortel yang baik dapat menghasilkan sekitar 20 sampai 30 ton per ha, terhantung pada jenis dan varietas wortel yang ditanam.

Mungkin sekian tips dan trik cara membudidayakan tanaman wortel yang kita ketahui memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita sebagai manusia, jadi buat kamu yang gak suka dengan wortel cobal perlahan untuk menyukainya dan apabila kamu sudah mulai meyukainya kamu dapat membudidayakan sendiri, sehingga kamu menjadi lebih produktif dan siapa tau kamu bisa menjadi petani wortel yang sukses, terimakasih sudah membaca article ini semoga bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: jurirakyat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *