Cara Budidaya Udang Vename

Cara Budidaya udang vaname tidak begitu sulit. Maka dari itu, banyak masyarakat yang melakukannya. Selain itu, udang ini tidak mudah mati. Sehingga keuntungan ketika panen cukup besar.

Cara Budidaya Udang Vename
Cara Budidaya Udang Vename

Keuntungan yang lainnya ialah, perkembangan udang vename cukup cepat dibandingkan yang lain. Bahkan, panen sudah bisa dilakukan, jika masa pemeliharaan sudah mencapai 110 hari. Yang panen 100 hari juga banyak.

Maka dari itu, silakan budidayakan udang vename. Namun pastikan cara pembudidayaan tidak salah. Karena ini yang menjadi syarat, udang tumbuh dengan baik. Sebaliknya, budidaya sembarangan, dijamin hasil panen tidak akan memuaskan.

1. Persiapan Tambak

Cara budidaya yang pertama ialah persiapkan tambak sebagai tempat memelihara udang vename. Pastikan tambak tersebut tidak berair, karena bisa mengundang munculnya lumut hingga lumpur.

Jika tambak yang digunakan, pernah dimasukkan udang yang sama, maka bersihkan terlebih dahulu.  Karena mereka bisa mengganggu udang vename yang dipelihara. Terutama ketika sedang mencari makan.

2. Pemupukan Tambak

Yang tidak boleh dilupakan ketika membudidayakan udang vename ialah harus dilakukan pemupukan tambak. Namun, hendaknya pakai pupuk organik saja yang lebih sehat.

Dosis pupuk yang digunakan terserah pembudidaya. Namun yang normal ialah 160 sampai 200 kg perhektar. Bahan pupuk juga bervariasi. Silakan pilih pupuk yang terbuat dari kulit padi, jagung, tepung kedelai dan selainnya.

3. Penebaran Bibit Udang

Jika dua cara di atas sudah dilakukan, selanjutnya baru diterapkan penebaran bibit udang. Namun, pastikan terlebih dahulu, jika usia bibit sudah mencapai 10 hari.  Karena di umur inilah bibit bisa menyesuaikan dengan kondisi tambak.

Tips untuk pembudidaya ialah, jangan langsung melepaskan bibit ke tambak. Lebih baik apungkan terlebih dahulu ketika bibit masih berada di dalam plastik. Jangan terlalu lama. Maksimal 15 menit saja. Karena ini hanya untuk mengenalkan kondisi tambak pada udang.

Baca Juga :

4. Panen Udang Vename

Jika sudah mencapai usia perawatan 110 hari, maka udang vename sudah siap dipanen. Persiapkan peralatannya seperti jala lempar, alat penerangan serta ember.

Lebih baik lakukan panen di malam hari. Karena udang vename terlalu sensitif pada sinar matahari. Efeknya adalah, udang banyak yang rusak. Sehingga panen udang vename menjadi tidak maksimal.

You May Also Like

About the Author: jurirakyat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *