Cara dan Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman Garut

Cara dan Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman Garut – Selamat malam semunya , pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang penendalian hama dan penyakit pada tanaman garut , tentu ketika kita berencana untuk membuat sebuah kebun kita harus siap menerima segala resiko yang ada termasuk hama , sebuah masalah yang umum dihadapi oleh para petani.

Tanaman garut yang memiiki nama latin marantha arundinaceae , adalah sejenis tumbuhan berbatang lunak yang menghasilkan umbi yang dapat dikonsumsi oleh masyarakat.

Baca Juga : Manfaat Buah Kersen

Tanaman ini berassal dari Negara amerika , khusnya pada daerah yang tropic , tanaman ini kemudian menyebar ke Negara Negara tropic lainnya termasuk Indonesia.

Tanaman garut ini tinamam terutama untuk umbinya , yang bisa digunakan sebagai sumber makanan alternative , tanaman ini mengandung pati yang sangat banyak sehingga menjadikannya sebagai salah satu makanan yang kaya akan karbohidrat.

Hanya satu jenis hama tanaman garut yang penting untuk ditanggulangi pada tanaman ini adalah ulat penggulung daun  ( colopedes athlius cran ) hama ini memiliki cirri – cirri dimana daun yang terserang akan menggulung .

Bila gulungan itu dibuka , maka akan di jumoai kotoran yang berwarna coklat kehitaman atau ulat berwarna hijau , licin dan agak mengkilap dengan bintik hitam pada bagian punggung (toraks) ulat tersebut.

Perleu diketahui ternyata penanggulangan pada hama satu ini cukup lah mudah , yaitu dengan menggunakan larutan yang mengandung arsanik pada daun yang terserang pada hama tersebut, jenis penyakit yang kerap menyerang tanaman garut dan perlu ditanggulangi adalah penyakit akar .

Penyakit yang satu ini disebabkan oleh rosselina bunnodes sacc yang pada umumnya menyerang tanaman garut yang dibudidayakan pada daerah – daerah yang lembab dengan curah hujan tinggi dan memiliki system drainase yang kurang baik.

Oleh karena itu cara penanggulangannya adalah dengan membuat saluran drainaase yang baik dan menjaga kebersihan sehingga dengan cara ini penyakit bisa dihindari.

Nah itulah sedikit artikel kita kali ini semoga bisa membantu kalian semua , jangan lupa share , sekian dan terimakasih.

Baca Juga : Morfologi Tumbuhan Sorghum

You May Also Like

About the Author: jurirakyat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *