Cara Mengobati Dan Menghilangkan Kutu Pada Burung Peliharaan

Cara Mengobati Dan Menghilangkan Kutu Pada Burung Peliharaan – Kutu adalah hewan parasit yang menghisap darah inangnya dan biasanya hidup di bagian kepala atau bagian lain yang berambut. Telur kutu dapat melekat kuat di rambut serta menetas dengan cepat sehingga pertumbuhannya cukup cepat.

Cara Mengobati Dan Menghilangkan Kutu Pada Burung Peliharaan
Cara Mengobati Dan Menghilangkan Kutu Pada Burung Peliharaan

Pada hewan peliharaan, kutu dapat hidup di antara bulu-bulu hewan. Adanya kutu dapat menyebabkan rasa gatal dan atau kemerahan dan bengkak atau infeksi sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman. Sebagai binatang berbulu, burung peliharaan juga rentan terhadap risiko dihinggapi oleh kutu.

Baca Juga :

Untuk mengatasi rasa tidak nyaman pada burung peliharaan akibat adanya kutu, berikut cara mengobati dan menghilangkan kutu pada burung peliharaan:

  • Menggunakan air cucian beras

Air bekas cucian beras yang berwarna putih ini tidak dapat meracuni kutu, namun bisa melepaskan telur-telur yang menempel pada bulu burung. Penggunaan air cucian beras harus dibarengi dengan membasmi kutu secara manual, misal dengan menyikat bulu burung dengan sikat yang rapat.

Air bekas cucian beras ini digunakan untuk memandikan burung atau disemprotkan dari botol. Kutu akan keluar dan pegangan telur ke bulu burung akan lepas. Setelah agak kering, sikat bulu burung agar telur dan kutu yang keluar dapat terlepas.

  • Menggunakan air rendaman daun sirih

Air rendaman daun sirih dapat mematikan kutu dan telur kutu pada bulu burung peliharaan. Rebus 7 hingga 10 helai daun sirih dalam 1 liter air sampai warnanya berubah menjadi hijau gelap.

Setelah didinginkan air dapat disemprotkan ke bulu burung sampai ke dalamnya. Cara lain yaitu dengan menyiramkannya secara manual agar tidak terkena mata burung. Setelah satu hingga dua jam, kutu dan telur akan benar-benar mati sehingga Anda bisa menyisir atau menyikatnya.

  • Menggunakan obat kimiawi

Obat kimiawi biasanya dijual di toko hewan peliharaan. Perhatikan cara penggunaan pada kemasan yang tertera. Perhatikan pula peruntukan obat tersebut. Gunakan obat kimiawi yang memang dibuat untuk membasmi kutu pada burung peliharaan, bukan pada hewan peliharaan lain.

Baca Juga :

Selain cara-cara di atas, jangan lupa juga untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan kandang burung dengan membersihkannya secara rutin.

You May Also Like

About the Author: jurirakyat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *