Cara Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman Bayam

Cara Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman Bayam – Hama merupakan penyakit tanaman. Penyakit yang merusak daun, akar bahkan buah. Jika bayam penuh dengan hama, bisa dipastikan Anda akan gagal panen. Maka dari itu, tehnik pengendalian hama bayam, harus dipelajari dengan baik.

Bayam adalah tanaman penuh khasiat. Selain dikonsumsi sebagai sayuran, bayam juga dibuat obat herbal. Walaupun begitu, tanaman ini rentan pada penyakit. Sehinggi, jika kurang perawatan, tanaman akan hancur dimakan hama.

Hama yang sering menyerang bayam, adalah ulat. Panjangnya hanya 4-5 cm berwarna belang putih hitam. Jika anda menemukan hewan ini, jauhkan segera dari tanaman bayam. Sebelum daun bayam berlubang dan layu.

Walaupun begitu, Mengendalikan hama bayam tidak mudah. Jika salah rawat, hama justru menyerang lebih ganas. Atas dasar itulah, berikut ini saya jelaskan cara mengendalian hama bayam. Yang paling aman.

1. Menyiangi Rumput di Sekitar Tanaman

Pengendalian hama pertama adalah menyiangi rumput di sekitar tanaman. Fungsinya adalah membuang tanaman liar tempat hama bersarang. Jika tanaman bayam sudah bersih, Proses pengendalian lanjutan bisa dilakukan. Bahkan menjadi lebih mudah.

2. Menaburi Obat Moluskisida

Obat Moluskisida bisa digunakan mengendalikan hama bayam. Karena senyawa yang dikandung, bekerja sebagai anti hama. Cara menggunakannya sangat mudah. Selain bisa ditambur, obat juga bisa digunakan dengan disemprotkan.

3. Hama Dibersihkan Secara Manual

Membersihkan hama tanaman bayam secara manual artinya membuang hama dengan tangan. Hal ini bisa dilakukan pada hama yang tidak kasat mata. Seperti ulat dan siput. Saran kami, gunakan pengaman tangan jika melakukannya. Karena hama-hama tersebut menimbulkan rasa gatal.

4. Menyemprotkan Insektisida

Cara merawat tanaman bayam dari hama, bisa menggunakan insektisida. Namun, tidak boleh berlebihan. Maksimal penyemprotan adalah 1 kali dalam 10 hari. Sebab, insekstisida merupakan zat kimia sistemik. jika kadarnya terlalu banyak, tanaman akan kehilangan zat vitalnya.

5. Bertanam di Suhu yang Baik

Untuk pengendalian hama terakhir adalah, pastikan penanaman bayam dilakukan di waktu yang tepat. Usahakan penanaman dilakukan pas musim penghujan. Karena di musim tersebut, hama tidak mudah berkembangbiak.  Bahkan banyak yang mati.

Baca Juga :

Itulah cara pengendalian hama bayam. Jika dilakukan secara kontinue, tanaman pasti tumbuh subur. Bebas penyakit sehingga aman dikonsumsi.

You May Also Like

About the Author: jurirakyat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *