Ciri Domba Sedang Bunting

Ciri Domba Hamil – Usai para peternak mengawinkan Domba – Domba peliharaan mereka, biasanya selangbeberapa waktu Domba – Domba tersebut mulai menunjukkan gejala hamil. Namunu ntuk mengetahui secara pasti apakah Domba – Domba tersebut benar – benar sudah hamil muda tak semudah yang dikira karena belum tampak jelas secara signifikan. Kalau Domba – Domba sudah memasuki usia hamil tua maka dipastikan perutnyaterlihat membesar. 

Maka dari itu bagi para peternak Domba perlu sekali mengenali apakah Domba –Dombanya menunjukkan gejala sudah hamil, caranya adalah sebagai berikut : 

Ciri – Ciri Domba Hamil Muda

  1. Pada Domba hamil muda mengalami nafsu makan yang menurun drastismisalkan Domba – Domba yang baru saja dua minggu memasuki usia kawin dapatdipastikan mereka sedang ngidam sehingga berpengaruh kepada nafsu makan. 
  2. Mereka mudah merasa lelah contohnya tidak seperti biasanya mereka suka bermain putar –putar lapangan rumput, lebih senang di dalam kandang untuk bermalas – malasan.
  3. Terlihat mulai kemerahan dan agak membesar terhadap putting susu Domba yang barumemasuki masa hamil muda. 
  4. Domba– Domba terlihat seperti marah dan tak mau dikawinkan lagi. Pada umumnya Domba– Domba betina suka didekatkan dengan Domba – Domba jantan namun ketika merekasedang hamil muda cenderung ingin menjauh saja dari Domba – Domba jantan.Hindari memaksa mereka untuk kawin lagi karena menyebabkan Domba mengalamikeguguran, melahirkan bakal anda tak berbulu indah seperti induknya atau melahirkanbayi aneh. 
  5. Di dalam kandang Domba – Domba tersebut seperti bersikap manis alias jadi agakpendiam dan tenang mungkin karena pengaruh ngidam dimana jika terlalu banyakgerak maka akan menyebabkan mereka pusing lalu muntah – muntah. 
  6. Pada saat pertama kali menginjak usia kawin, anda dekatkan dengan Domba – Dombajantan sambil mengelus – elus bagian belakang Domba maka akan membuat Dombabetina terkencing – kencing sedangkan saat Domba – Domba betina sudah hamilmuda, anda dekatkan ke Domba jantan sambil mengelus – elus bagian belakang,mereka tidak mau kencing.

Apabila Domba – Domba anda terlihat menunjukkan gejala – gejala tersebut diatas, maka bisa dipastikan bahwa mereka sedang mengalami hamil muda, maka dariitu selalu ingat untuk memberikan pakan yang segar dalam jumlah yang mencukupi.Untuk seminggu atau 2 / 3 minggu hingga bulan berikutnya pertumbuhan kehamilanterhadap Domba – Domba tersebut di atas semakin terlihat jelas membesar.Terutama untuk Domba – Domba yang baru pertama kali mengalami kehamilan.

Sama halnya dengan anda beternak Kambing, untuk mengetahui apakah Kambing – Kambing anda sudah menunjukkan gejala hamil muda atau belum setelah memasuki usia kawin, perlu membaca ulang apa yang sudah kami jelaskan tersebut di atas, pada beberapa kondisi menunjukkan gejala yang sama.

Demikiankami menjelaskan dengan singkat tentang ciri – ciri Domba sedang bunting, semoga bermanfaat !

You May Also Like

About the Author: jurirakyat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *