Fungsi dan Manfaat Pajak

Fungsi dan Manfaat Pajak – Pastinya kita semua sering mendengar tentang pajak. Ada berbagai pajak, yaitu pajak bumi bangunan, pajak kendaraan, pajak penghasilan, dan pajak lainnya. Bahkan suatu produk yang kita gunakan pun sudah termasuk dengan pajak. Memang masih ada masyarakat yang menilai bahwa pajak cukup memberatkan. Tapi jika kita mengetahui fungsi dan manfaatnya, pandangan kita mengenai pajak akan berubah lho.

Sebelum mengetahui fungsi dan manfaat pajak, kita akan mengetahui pengertian dari pajak. Pajak adalah suatu iuran yang wajib dibayarkan oleh rakyat (wajib pajak), pajak ini berguna untuk kepentingan pemerintah dan juga kepentingan masyarakat umum karena pajak yang terkumpul bisa dinikmati oleh masyarakat umum. Lalu apakah semua rakyat Indonesia wajib membayar pajak? Jawabannya adalah wajib, tapi ada beberapa kriteria yang diperlukan untuk membayar pajak.

Fungsi Pajak

  1. Fungsi Anggaran (Fungsi Budgeter)

Pajak merupakan anggaran Negara yang memiliki tujuan untuk menyeimbangkan pengeluaran suatu Negara dengan pendapatan Negara tersebut. Misalnya saja untuk pembangunan nasional atau untuk kepentingan – kepentingan lainnya di suatu Negara.

  1. Fungsi Mengatur (Fungsi Regulasi)

Fungsi pajak sangatlah penting karena pajak merupakan alat untuk mengatur kebijakan sebuah Negara dalam ekonomi dan social. Fungsi mengatur atau fungsi regulasi tersebut yaitu antara lain:

  • Untuk memperlambat laju inflasi maka digunakan pajak.
  • Digunakan untuk mendorong kegiatan ekspor.
  • Untuk memberikan proteksi atau perlindungan terhadap barang yang di produksi di dalam negeri, contohnya yaitu: Pajak Pertambahan Nilai (PPN).
  • Pajak membantu perekonomian semakin produktif karena pajak dapat mengatur dan menarik investasi modal.
  1. Fungsi Pemerataan (Pajak Distribusi)

Pajak juga bisa berfungsi untuk menyeimbangkan antara pembagian pendapatan dengan kebahagiaan dan kesejahteraan masyarakat.

  1. Fungsi Stabilisasi

Pajak berfungsi untuk menstabilkan kondisi dan juga keadaan perekonomian seperti memperlambat laju inflasi.

Manfaat Pajak

  • Fasilitas umum dan juga infrastruktur: sekolah, jalan tol, jalan raya, rumah sakit.
  • Pertahanan dan keamanan: bangunan dan juga senjata.
  • Bahan bakar minyak (BBM) dan subsidi pangan.
  • Melestarikan budaya dan lingkungan hidup.
  • Dana untuk pemilu, dan lainnya.

About the Author: jurirakyat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *