Fungsi dan Mekanisme Enzim Lipase

Fungsi dan Mekanisme Enzim Lipase – Halo sobat semua semua kalian selalu diberikan kesehatan selalu untuk terus melakukan kebaikan , pada kesempatan kali ini kita akan menyinggung tentang enzim , yapss enzim lipase , apakah daro sobat semua ada yang tau pegertian dari pada enzim tersebut ? mungkin buat kalian yang anak biologi tentu sedikitnya tau ya tentang enzim yang satu ini.

pengertian enzim lipase adalah enzim yang berada dalam saluran pencernaan fungsinya yaitu untuk memecah lemak menjadi penyusunan , yaitu asam lemak dan gliserol , sehingga akan di serap oleh usus dan manfaatkan oleh tubuh kalian.Jadi bisa disimpulkan bahwa fungsi dari enzim lipase ini adalah untuk mempercepat proses pemecahan lemak.

Kemudian ada yang tau dari mana tubuh menghasilkan enzim yang satu ini? Jadi begini, enzim lipase dihasilkan di pankreas , mulut dan perut. Dari ketiga nya emzim yang sangat berperan berasal dari pankreas. Dan juga enzim lipase yang dihasilkan oleh pankreas disebut juga pankreatik lipase yang menjalankan aksinya di usus halus(usus halus terdiri dari duodenum,jejunum,dan ileum)

Nah setelah tau pengertian enzim lipase serta fungsinya seperti yang disebut kan di atas , apakah ada yang tau bagaimana kerja atau mekanisme dari enzim yang satu ini ? jika ada coba berkomentar di kolom komentar dibawah kita berbagi ilmu dan wawasan.

Mekanisme Enzim Lipase

 Jadi saat kita memasukan makanan , nutrisi makanan tersebut akan di serap oleh tubuh saat proses pencernaan, namun semua nutrisi itu tidak diserap begitu saja.Karena pada dasarnya, lemak tersebut akan di pecah oleh sel tubuh melalui proses yang lumayan lama. Nah disinalah fungsi dan peran si enzim lipase untuk mempercepat proses terjadinya pemecahan lemak menjadi asam lemak dan gliserol sehingga mampu diserap oleh tubuh kita dengan mudah.

Karena itulah enzim lipase juga disebut dengan katalisator.Proses pemecahan lemak tersebut dimulai ketika atau saat kita mengunyah sebuah makanan.Proses pemecahan ini akan terus berlangsung hingga ke lambung dan terjadi lagi pemecahan oleh gastric lipase. Selepas dari lambung proses itu akan berlanjut pada usus halus manusia. Di dalam usus halus inilah proses pemecahan lemah yang utama terjadi , dan yang melakukannya adalah pangkreatik lipase yang memecah lemak menjadi molekul-molekul penyusun lemak.

Hasil dari proses pemecahan lemak ini berupa sebuah asam lemak dan gliserol yang selanjutnya akan di serap oleh darah kita dan dijadikan energi oleh tubuh kita dan njuga bahkan akan ditumpuk sebagai energi cadangan kita .

Baca Juga :

Gimana menurut kalian tentang urgensi atau pentingnya enzim satu ini buat tubuh kita, tentu sangat penting ya guys. Dan itulah sedikit artikel pada kesempatan kali ini , jangan lupa share atau bagikan agar semakin banyak orang yang tau, TerimaKasih.

You May Also Like

About the Author: jurirakyat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *