Hubungan Antara Proses Fotosintesis dan Respirasi Selular

Hubungan Antara Proses Fotosintesis dan Respirasi Selular – Selamat malam , kali ini kita akan membahasan hubungan antara fotosintesin dengan respirasi selular.Wah cukup menarik ya , mungkin sebagian dari kita ada yang tau dan tidak , dan itulah tujuan dari artikel ini semoga akan semakin banyak orang yang tau.

Dalam pelajaran IPA maupun biologi tingkat dasar , sering dijelaskan bahwa pohon-pohonan yang ada di bumi ini sangat berperan penting dalam membantu manusia untuk bernafas, lho ko bisa ? tentu bisa , karena ini disebabkan oleh sebuah proses yaitu fotosintesis yang terjadi pada pohon pohonan tersebut ujungnya akan menghasilkan sebuah oksigen untuk kita bernafas.

Dan oksigen itulah yang sangat dibutuhkan oleh semua manusia bahkan seluruh makhluk hidup yang ada di bumi ini, karena kenapa , karena setiap sel dalam tubuh akan melakukan sebuah proses yang dinamakan dengan respirasi dimana sangat dibutuhkan suplay atau pasokan oksigen secara cukup dan merata. Jadi bagaimana hubungan antara proses fotosintesis dan respirasi selular ? berikut penjelasan nya.

Hubungan Proses Fotosintesis dan Respirasi Selular

Jadi sebenarnya antara proses fotosintesis dan respirasi selular memiliki hungan yang terkait dan satu sama lain saling membutuhkan. Hubungan inilah yang membuat kita sebagai manusia di bumi masih ada sampai detik ini.

Melalui sebuah persamaan kimia , baru kita akan bisa melihat bahwa sebenarnya sebuah produk sari tersebut , akan menjadi rekatan bagi proses yang lainnya. Unik nya lagi hubungan ini akan terus berlangsung hingga satu pihak tiada.

Secara sederhananya bisa dijelaskan bahwa , dalam sebuah proses fotosintesin , , maka tumbuhan tentu membutuhkan karbondioksida sebagai salah satu faktor untuk melakukannya. Dan ternyata karbondioksida ini dihasilkan dari proses respirasi selular , yang ternyata salah satunya dilakukan oleh manusia , dimana dalam menjalankan respirasi ini , manusia tentu membutuhkan oksigen.

Diatas tadi diterangkan hubungan bagaimana kedunya berproses secara sederhana , Detail hubungan kedunya akan dijelaskan seperti berikut ini :

  • Proses tumbuhan yang berfotosintesis, sebenarnya sedang memproduksi sebuah glukosa , yang kemudian akan dipakai oleh tubuh yakni sel, untuk melakukan respirasi selular dan ATP ( energi sel ) , kemudia glukosa ini nantinya akan teroksidasi dalam proses respirasi selular sehingga akan memunculkan karbondioksida yang kemudian nantinya akan sangat bermanfaat atau berguna untuk tumbuh tumbuhan dalam melakukan proses fotosintesis.
  • Selama fotosintesis,air akan dipecah oleh tumbuhan untuk menghasilkan sebuah oksigen, sedangkan dalam proses respirasi, oksigen dari tumbuhan tersebut dikombinasikan dengan hidrogen akan menghasilkan atau akan membentuk air.
  • Dalam proses fotosintesis sangat memerlukan karbondioksida dan akan melepaskan oksigen, dan respirasi selular sangat memerlukan oksigen dan akan mengeluarkan karbondioksida.

Nah dan itulah untuk pembahasan kita kali ini , semoga ini bisa membuat kalian semakin tau , dan semoga bermanfaat walaupun sedikit , jangan lupa share , sekian dan TerimaKasih.

You May Also Like

About the Author: jurirakyat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *