Kandungan dan Manfaat Buah Kersen

Kandungan dan Manfaat Buah Kersen – Buah kersen,.. buah ini memang kurang dikenal dan kalah populer dibandingkan stroberi dan cherry. Buah yang mempunyai nama latin Muntingia calabura umumnya di Indonesia dikenal dengan nama Kersen ataupun Talok. Jika buahnya matang maka warnanya memerah (sebelumnya hijau) dan rasanya menjadi manis.

Seorang peneliti bernama Julia F. Morton menyatakan dalam bukunya yang berjudul “Fruits of Warm Climates” bahwa, kandungan buah kersen sangat penting dan baik untuk kesehatan.

Uniknya buah ini juga memiliki beragam nama di setiap wilayah di Indonesia seperti talok, seri, ceri, dan kersen itu sendiri. Buah ini berukuran kecil dengan tekstur dalamnya berbutir-butir menyerupai pasir. Kersen yang sudah masak ditandai dengan perubahan warna dari hijau ke kekuningan lalu merah, serta jika ditekan akan terasa lunak.

Kandungan  kimia dalam buah kersen antara lain vitamin, mineral, serat, karbohidrat, lemak, beta-karoten, fosfor, protein, kalsium, zat besi, niacin, riboflavin, thianin, dan banyak lagi kandungan lain yang berguna bagi kesehatan

Dibalik rasa manis dan ukuran mini buah kersen, ternyata tersimpan khasiat yang besar bagi tubuh manusia. Berikut diantaranya khasiat dari buah kersen

Manfaat buah kersen untuk kesehatan

  1. Antibakteri

Sifat antibakteri yang terdapat buah kersen berguna bagi tubuh manusia. Dengan mengkonsumsi kersen, tubuh akan lebih tahan dari serangan bakteri jahat penyebab penyakit. Hal yang sama juga diungkapkan oleh para peneliti.

  • Antioksidan

Selain sebagai antibakteri, kersen juga mempunyai kandungan senyawa antioksidan yang tinggi. Senyawa ini berperan menguatkan sistem pertahanan tubuh dan menangkal radikal bebas yang dapat mengakibatkan kanker.

  • Antiseptik

Daun kersen juga dapat dimanfaatkan. Yakni dengan cara direbus. Air rebusan ini dapat digunakan untuk membunuh bakteri atau mikroorganisme lain sehingga dengan kata lain daun kersen dapat digunakan sebagai antiseptik. Bakteri yang terbunuh oleh daun kersen seperti S. Aureus, P. Vulgaris, C. Diphtheriae, S. Epidermis, serta K. Rhizophil. Sifat antiseptik ini terdapat dari kandungan daun kersen yakni flavonoid, tanin, dan saponin.

  • Anti-inflamasi

Rebusan daun kersen juga memiliki sifat anti-inflamasi atau bisa disebut juga dengan anti peradangan. Selain itu rebusan tersebut juga bisa menurunkan demam.

  • Pencegah tumor

Daun kersen juga dapat mencegah tumbuhnya tumor dalam tubuh. Flavonoid yang dikandung dalam daun kersen dilaporkan bisa menghambat pertumbuhan sel tumor.

  • Obat untuk asam urat

Di Negeri ini, buah kersen biasanya digunakan sebagai obat asam urat. Buah kersen juga diketahui bisa mengurangi sakit yang timbul karena penyakit asam urat.

  • Melindungi Jantung

Ekstrak daun kersen telah terbukti dapat melindungi miokardium yang berakibat pada penurunan signifikan dalam pembatas kebocoran enzim.

  • Kram perut

Tidak hanya buah dan daun, ternyata bunga kersen juga memiliki. Yakni sebagai antiseptik dan untuk pengobatan kram perut. Cara mengolahnya pun hanya dengan merebus bunganya lalu meminum airnya.

  • Anti kanker

Suatu studi menemukan adanya sifat anti kanker dalam pohon kersen. Hal ini karena adanya kandungan flavonoid sitotoksik baru di dalam akar pohon kersen.

Kandungan vitamin C yang cukup

Penelitian menunjukkan bahwa seratus gram buah kersen sudah sama dengan seratus lima puluh miligram vitamin C. Dengan kandungan C yang cukup ini, buah kersen dapat mencegah terjadinya penyakit flu dan pilek.

Ternyata banyak sekali khasiat dalam buah kersen bagi kesehatan. Andapun bisa mulai menanamnya di depan maupun belakang rumah karena pohon kersen ini juga memiliki daun yang rimbun sehingga membuat rumah anda lebih sejuk dan kaya akan oksigen. Tentunya anda juga dapat menikmati si kecil merah kersen yang kaya akan manfaat.

Penanamannya pun mudah dan tidak membutuhkan perawatan khusus karena memang hakikatnya pohon kersen ini adalah pohon tropis dan banyak tumbuh liar di daratan-daratan Indonesia.

Demikian penjelasan tentang manfaat buah kersen, semoga dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian.

You May Also Like

About the Author: jurirakyat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *