Kelebihan dan Kekurangan WordPress Self Hosting

Kelebihan dan Kekurangan WordPress Self Hosting – Tidak dimungkiri, wordpress self hosting adalah hosting paling populer di internet. Bahkan, 60% blogger menggunakan hosting ini sebagai domain website-nya.

Selain itu, 60 juta orang sudah menggunakan wordpress untuk situs bisnis yang mereka kelola. Pertanyaannya adalah apakah wordpress tersebut?

Pengertian WordPress

WordPress adalah manajemen konten CMS yang akan mempermudah blogger ketika mengatur aplikasi penting di dalam situs. Saking mudahnya, untuk mengelolanya, blogger tidak harus menguasai bahasa pemrograman yang rumit.

Kelebihan dan Kekurangan WordPress

Yang namanya hosting pasti ada kelebihan dan kekurangan. Tanpa terkecuali wordpress. Kelebihan dan kekurangan inilah yang bisa dijadikan pedoman ketika memilih hosting, apakah wordpress atau menggunakan Blogspot. Ini dia kelebihan dan kekurangan yang dimaksud.

Kelebihan WordPress

1. Hosting Gratis

WordPress bisa didapatkan secara gratis. Sekalipun begitu, fitur plugin yang disediakan lengkap dan sesuai dengan konten. Maka dari itu, hosting ini banyak yang menggunakannya.

Selain itu, jika ingin mendapatkan fitur yang jauh lengkap, blogger bisa update ke wordpres yang premium. Ini dianjurkan untuk situs yang ingin meningkatkan optimasi SEO.

2. Mudah Digunakan

Kelebihan selanjutnya ialah hosting bisa digunakan dengan mudah. Bahkan blogger pemula sekalipun bisa melakukannya. Selain itu, proses instalasi hosting cukup cepat dan tidak memberatkan memori. Sehingga situs bisa berdiri dengan keren tetapi tidak membuat perangkat rusak.

3. Bisa Optimasi Seo

Di wordpress sudah disediakan plugin Seo untuk blogger yang ingin melakukan optimasi. Dengan fasilitas ini tentu traffic situs bisa meningkat di laman pencarian. Karena dengan SEO, target kata kunci lebih ideal. Selain itu perayapan robot Google juga lebih maksimal.

Baca Juga ;

Kekurangan WordPress

1. Membutuhkan Keahlian Mendesain

Kelemahan yang pertama ialah, untuk mendapatkan template yang berkualitas, blogger harus memiliki kemampuan desain. Memang, sudah disediakan template online, tetapi sebagian besar yang berkualitas tidak bisa didapatkan secara gratis.

2. Tidak Leluasa Mengatur Template

WordPress memang menyediakan pengaturan template atau tata letak, tetapi script-nya terbatas. Kecuali memilih wordpres yang premium. Karena hal itu, pengaturan template menjadi tidak bebas. Tentu ini berbeda jika blogger membuat website dengan hosting blogspot.

Demikian menurut saya kelebihan dan kekurangan wordpress. Selanjutnya terserah Blogger mau memilih hosting yang mana.

You May Also Like

About the Author: jurirakyat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *