Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Bunga Mawar

Tanaman Bunga Mawar memiliki banyak jenis. Yang tercatat jumlahnya lebih dari 100 spesies. Namun pada artikel ini yang akan dibahas adalah Tanaman Mawar dengan nama ilmiah Rosa Hiproida atau Rosa sp. Yang berasal dari dataran Cina, Timur Tengah dan Eropa. Pada saat ini tanaman mawar menyebar ke berbagai wilayah. Tanaman mawar dapat tumbuh dengan baik pada daerah yang beriklim tropis maupun sub tropis.

Biasanya tanaman ini dibudidayakan sebagai hiasan atau dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan parfum dengan cara pelumatan dan penguapan helai-helai mahkotra bunga. Di sisi lain, bunga mawar juga memiliki simbol atau makna, seperti halnya di Eropa, Bunga Mawar adalah perlambang cinta dan kecantikan; di Inggris, Bunga mawar adalah bunga nasional bangsanya, juga digunakan sebagai lambang tim nasional Rugby Inggris; di Georgia bunga ini merupakan simbol anti-kekerasan dan masih banyak lagi.

Untuk mengenal tanaman ini lebih jauh, berikut adalah Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Bunga Mawar:

Klasifikasi Ilmiah Tanaman Bunga Mawar

  • Kingdom : Plantae
  • Divisi : Spermatophyta
  • Sub Divisi : Angiospermae
  • Famili : Rosaceae
  • Ordo : Rosanales
  • Genus : Rosa
  • Spesies : Rosa Hiproida atau Rosa sp.

Morfologi Tanaman Bunga Mawar

Akar : Tanaman Mawar memiliki akar serabut yang tumbuh memanjang kebawah. Memiliki bentuk bulat memanjang dengan warna cokelat muda sampai cokelat tua.

Batang : Batang tanaman mawar biasanya berbentuk bulat memanjang, berwarna hijau dan kecoklatan. Mawar merupakan tanaman sejenih semak, biasanya pada batangnya terapat duri seperti pengait yang berfungsi untuk memanjat tanaman disekitarnya.

Daun : Tanaman mawar memiliki daun majemuk. Pada satu cabang ranting biasanya terdiri dari 5-9 helai daun. Bentuknya bulat memanjang dengan pertulangan menyirip, berukuran sekitar 2-3 sentimeter. Ujungnya meruncing dengan tepian bergerigi. Daun tanaman mawar berwarna hijau muda atau hijau tua.

Bunga : Bunga mawar berbentuk hampir seperti bulat. Pada satu bunga terdpat beberapa lapisan kelopak yang jumlahnya sekitar 20-26 helai, tergantung besar-kecilnya ukuran bunga. Bunga mawar memiliki beragam warna, ada yang berwarna merah, putih bahkan ada yang berwarna kekuningan.

Buah : Buah mawar memiliki buah yang sering disebut Rose Hip. Buah ini terdapat pada bagian dasar bunga. Pertumbuhan buah mawar biasanya terjadi ketika penyerbukan yang sukses dan membuat bagian dasar bunga membesar. Ketika sudah tua biasanya Rose hip berwarna orange, merah hingga keunguan. Biji : Biji mawar terdapat di dalam Rose Hip, pada bagian

You May Also Like

About the Author: jurirakyat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *