Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Durian

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Durian – Siapa yang tak kenal durian? Mulai dari bentuk, warna, rasa, hingga aroma yang khas hampir tidak mungkin jika tidak ada yang mengenalinya, terutama bagi penduduk Asia Tenggara.

Mengapa buah ini terkenal sekali bagi penduduk Asia Tenggara terutama Indonesia? Hal ini dikarenakan tanaman durian dapat tumbuh dan berkembang baik di daerah yang tropis.

Perlu kita ketahui bahwa habitat asli dari king of fruits ini berada di hutan belantara yang memiliki kondisi iklim cukup panas.

Memang segala ke khasan dari buah tersebut banyak tidak digemari oleh sebagian kalangan masyarakat, namun tidak sedikit juga yang sangat menyukai rasa dari buah durian tersebut.

Apakah kalian tim penggemar durian? Ataukah tim pembenci durian? Diluar dari itu, sebaiknya kita perlu mengenal tanaman ini lebih dalam lagi dengan memahami klasifikasi serta morfologi dari tanaman durian tersebut:

Klasifikasi tanaman durian

Klasifikasi Tanaman durian dalam bahasa ilmiah / latinnya disebut sebagai Durio Zibethinus Murr. Tanaman ini termasuk dalam Kingdom / Kerajaan Plantae, Sub Kingdom / Sub Kerajaan Tracheobionta¸ Super Division / Super Divisi Spermatophyta, Division / Divisi Magnoliophyta, Classing / Kelas Magnoliopsida, Sub Classis / Sub Kelas Dilleniidae, Ordo / Bangsa Malvales, Family / Suku Bombaceae, Genus / Marga Durio, dan juga termasuk kedalam Species / Jenis Spesies Durio Zibethinus Murr.

Morfologi tanaman durian

  • Akar

Dapat diketahui bahwa akar dari tanaman durian ini memiliki jenis yang bermacam-maca, diantaranya: akar primer (tunggal), sekunder, dan tersier. Akar primer berfungsi sebagai penopang tanaman durian, akar sekunder untuk membantu memperkokoh tanaman durian, sedangkan akar tersier membantu tanaman durian agar menyerap air dan zat hara.

  • Batang

Bentuk dari batang ini adalah silindris dengan panjang bisa mencapai 45 meter, bahkan lebih. Tekstur dari batang tersebut agak kasar dan berwarna coklat.

  • Daun

Daun dari tanaman durian ini berbentuk lonjong/melanset/lonjong melanset dengan ukuran panjang 10 cm bahkan lebih, dan lebar 4cm bahkan juga bisa lebih tergantung dengan varietasnya. Letak dari daun ini dengan cara selang seling dan memiliki pangkal yang tumpul/lancip serta memiliki ujung yang cukup lancip. Warna dari daun tersebut adalah hijau terang pada bagian atas, dan perak/keemasan pada bagian bawah.

  • Bunga

Bunga tanaman durin termasuk menjadi bunga sempurna yang memiliki bentuk besar seperti mangkuk dengan mahkota bunga yang berwarna kuning emas hingga merah. Letak dari bunga tersebut dengan cara bergelantung dan memiliki tangkai yang panjang.

  • Buah

Sudah tidak asing lagi jika kita membicarakan morfologi durian. Durian ini memiliki bentuk bulat hingga lonjong yang memiliki kulit keras dan duri yang cukup tajam. Warna dari durian tersebut hijau hingga kecoklatan. Perlu kita ketahui bahwa dalam buah durin ini memiliki 1-7 ruang yang mana setiap ruangnya terdapat 1-6 buah daging durian.

  • Biji

Tidak afdhol rasanya kita membicarakan morfologi tanaman durian tanpa bijinya.

Baca Juga :

Biji dari tanaman durian ini memiliki bentuk bulat hingga lonjong. Biji yang disebut dengan pongge ini pada permukaannya berwarna coklat, sedangkan didalamnya berwarna putih.

You May Also Like

About the Author: jurirakyat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *