Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Ganyong

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Ganyong – Ganyong (Canna discolor L. Syn. C. edulis) merupakan sejenis tumbuhan penghasil umbi yang cukup populer, namun kelestariannya semakin terancam karena tidak banyak orang yang mengonsumsinya ataupun menanamnya.

Tanaman ganyong merupakan jenis tanaman yang tumbuh selama dua musim atau beberapa tahun, termasuk ke dalam famili canaceae yang memiliki kandungan pati di dalamnya. Umbi dari tanaman ganyong sering dikenal dengan nama rhizome dengan klasifikasi sebagai berikut :

Kingdom         : Plantae

Infra Kingdom : Streptophyta

Divisi               : Tracheophyta

Sub Divisi       : Spermatophytina

Kelas               : Magnoliopsida

Super Ordo     : Lilianae

Ordo                : Zingiberales

Famili              : Cannaceae

Genus              : Canna L.

Spesies            : Canna indica L.

Morfologi tanaman ganyong pada umumnya dibagi menjadi : morfologi batang, daun, bunga, umbi, dan buah. Morfologi tanaman ganyong akan dibahas lebih lanjut dibawah ini :

  • Morfologi batang tanaman ganyong

Tanaman ganyong merupakan tanaman herbal yang berbentuk seperti rumpun. Tanaman yang tetap hijau selama masa hidupnya ini mempunyai ketinggian 0,9-1,8 meter. Panjang batang tanaman ganyong diukur dari ujung tanaman hingga bagian umbi. Batang ganyong yang terdapat di atas permukaan tanah sebenarnya merupakan batang semu dari sekumpulan pelepah daun.

  • Morfologi daun tanaman ganyong

Daun tanaman ganyong bentuknya elips memanjang dan lebar dengan ujung daun serta pangkal daun yang sedikit meruncing. Warna daun tanaman ganyong juga beragam dari mulai hijau muda hingga hijau tua dan terkadang bergaris ungu atau keseluruhan daun berwarna ungu. Begitu juga dengan pelepah daun ganyong, ada yang berwarna hijau serta ada yang berwarna ungu. Panjang daun tanaman ganyong sekitar 15-60 cm dengan lebar 7-20 cm.

  • Morfologi bunga tanaman ganyong

Bunga tanaman ganyong merupakan bunga biseksual yang terdiri dari kelopak bunga dengan bentuk bulat telur, mahkota dengan bentuk pita disertai bunga berwarna merah pucat hingga kuning. Bunga pada tanaman ganyong menyerupai bunga tasbih yang perbedaannya terletak pada ukuran. Bunga tanaman ganyong terletak pada bagian ujung ranting, tandan, dan umumnya bunga tersebut sederhana walaupun terkadang terdapat cabang. Warna bunga dari tanaman ganyong adalah warna jingga dengan bagian pangkal berwarna kekuningan. Tanaman ganyong mempunyai bunga yang terdiri atas tiga helai kelopak. Bunga pada tanaman ganyong dapat muncul berpasangan ataupun tunggal serta tidak teratur.

  • Morfologi umbi tanaman ganyong

Umbi pada tanaman ganyong mempunyai bentuk yang besar dengan diameter sekitar 5-8,75 meter dan dengan panjang sekitar 10-15 cm atau bisa mencapai hingga 60 cm. Bagian tengah umbi tanaman ganyong tebal serta dikelilingi berkas-berkas sisik dengan warna ungu ataupun coklat. Rimpangnya bercabang horizontal dengan panjang hingga 60 cm, tertutup dengan sisik daun serta serabut akar tebal, dan dengan buku-buku berdaging menyerupai umbi.

  • Morfologi buah tanaman ganyong

Buah pada tanaman ganyong berbentuk kotak dengan tiga ruang yang masing-masing ruang berisi lima butir biji berukuran kecil dan berwarna hitam. Namun, pertumbuhan buah tanaman ganyong sering tidak sempurna karena tertutup dengan papilla yang panjangnya berkisar 3 cm

You May Also Like

About the Author: jurirakyat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *