Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kunyit

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kunyit – Tanaman kunyit atau dalam bahasa latinnya Curcuma Amanda Roxb. merupakan tumbuhan yang dapat digunakan sebagai obat tradisional tradisional.

Tidak dapat dipungkiri bahwa tanaman ini memiliki banyak khasiat bagi tubuh kita, seperti menyembuhkan demam, menurunkan tekanan darah, meredakan penyakit malaria serta diare, gatal yang disebabkan oleh cacar air, dan juga dapat mengatasi keputihan.

Pada tanaman kunyit terdapat kandungan senyawa minyak Asiri seperti: Sineol, Kurkumin, Asam kafrilat, Turmeron, Asam metoksisinamat, Borneol, Fellandrene, Kamfene, Kamfor, Zingiberene, Sesquiterpene, Sabinene, dan Tolilmefil karbinol.

Kandungan dari senyawa-senyawa tadi akan melancarkan peredaran darah, anti-infamasi, anti-bakteri dan juga dapat melancarkan pengeluaran empedu dari tubuh kita.

Selain berkhasiat pada bidang kesehatan, tanaman ini juga banyak digunakan pada bumbu masak sebagai rempah-rempah. Misalnya kunyit sering digunakan pada kuliner seperti soto dan gulai. Kunyit juga banyak digunakan sebagai pewarna alami pada masakan, ambil contoh masakan tumpeng.

Berikut ini klasifikasi Tanaman Kunyit

KINGDOM Plantae
SUB KINGDOM Tracheobionta
SUPER DIVISI Spermatophyta
DIVISI Magnoliophyta
KELAS Liliopsida
SUB KELAS Zingiberidae
ORDO Zingiberales
FAMILI Zingiberaceae
GENUS Curcuma L
SPECIES Curcuma Amanda Roxb.

Morfologi Tanaman Kunyit

  • Morfologi Batang

Morfologi tanaman kunyit pada Batang memiliki tipe semu dan berbentuk bundar serta tegak lurus vertikal. Tanaman kunyit tumbuh dengan dengan tinggi antara 40 sampai 100 cm. Batang tanaman ini tersusun dari pelapah daun oleh karena itu tekstur batangnya agak lunak.

  • Morfologi Daun

Tanaman kunyit memiliki daun tunggal yang berbentuk bulat yang memanjang dengan ukuran berkisar antara 10 hingga 40 cm panjangnya dan 8 hingga 13 cm untuk lebarnya. Daun kunyit  mengandung antioksidan kuat yakni kurkumin, kurkumin dapat mengatasi penyakit kulit.

  • Morfologi Bunga

Bunga tanaman kunyit merupakan bunga majemuk, bunganya memiliki panjang 10 sampai 15 cm. Terdapat mahkota dalam bunganya panjangnya sekitar 3 cm dengan lebar 1,5 cm dan berwarna putih agak kekuningan. Bagian dalam bunga  berupa rimpang berwarna jingga kekuningan dan ujung pangkalnya terlihat runcing akan tetapi tepian daun merata hingga dari pangkal sampai ujung daun.

Baca Juga : Penyebab Rasa Hambar

You May Also Like

About the Author: jurirakyat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *