Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Sawi

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Sawi – Yang dimaksud dengan tanaman Sawi / ‘Brassica Campestris. L’ adalah tanaman ‘dikotil’ yang memiliki bentuk perdu dengan sifat dari pertumbuhan adalah dwi musim. Tanaman Sawi termasuk ke dalam kelompok family seperti halnya pada tanaman Kubis – Kubisan, Lobak dan Brokoli.

Banyak kandungan gizi yang terdapat dalam sayur bernama Sawi ini sehingga bagus buat menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh anda.

Di samping itu dengan anda suka mengonsumsi Sawi setiap hari maka dapat menyehatkan mata, mencegah terjadinya tumor payudara, dan mengendalikan kadar kolesterol di dalam darah. Dari sini anda bisa terhindar oleh serangan jantung.

Klasifikasi Tanaman Sawi

  1/Kingdom   : Plantae
  2/Sub Kingdom   : Tracheobinonta
  3/Super Devisio   : Spermatophyta
  4/Devisio   : Magnoliophyta
  5/Kelas   : Magnoliophyta
  6/Sub Kelas   : Dileniidae
  7/Ordo   : Capparales
  8/Familia   : Brassicaceae
  9/Genus   : Brassica
  10/Spesies   : Brassica Juncea L.

Setelah anda mengetahui tentang klasifikasi dari tanaman sayur Sawi maka selanjutnya akan kami perkenalkan morfologi Sawi yang dibagi menjadi 5 bagian antara lain : morfologi akar, morfologi daun, batang, bunga dan buah beserta biji.

Berikut ini adalah keterangan lengkap tentang morfologi dari tanaman Sawi

1. Morfologi Akar

Akar dari tanaman Sawi adalah bersifat bercabang dan tunggang yang berbentuk bulat panjang lalu menyebar pada permukaan tanah. Akar ini menembus dengan cukup kuat kedalaman tanah antara 30 s/d 50 Cm dari permukaan tanah. Adapun fungsi akar adalah untuk menyerap unsur – unsur hara yang terletak di sekitar permukaan tanah.

2. Morfologi Bunga

Struktur bunga dari tanaman Sawi bentuknya memanjang dan bercabang banyak. Tanaman ini mempunyai bunga yang memiliki 4 kelopak daun, 4 mahkota bunga yang berwarna kuning, 4 buah benang sari dan satu buah putik bersifat berongga. Terjadinya proses penyerbukan tanaman ini adalah secara alami melalui bantuan binatang – binatang kecil dan angin.

3. Morfologi Buah Dan Biji

Tanaman Sawi mempunyai buah yang bersifat polong – polongan seperti kacang. Bentuk buah bulat / lonjong berwarna hijau keputihan dimana pada masing – masing buah memiliki 2 s/d 8 butir biji yang berbentuk bulat berukuran sangat kecil berwarna cokelat kehitaman. Biji – biji tanaman Sawi mempunyai permukaan licin seperti ada lapisan lilin, mengkilap, keras dan berlendir.

4. Morfologi Daun

Rata – rata daun dari tanaman Sawi berbentuk lonjong, bulat dan lebar. Daun Sawi memiliki warna hijau muda pucat pada waktu berusia muda dan hijau tua ketika berusia dewasa serta tak berbulu. Juga tanaman Sawi mempunyai tangkai daun yang berukuran pendek tergantung dari masing – masing varietasnya.

5. Morfologi Batang

Batang tanaman Sawi mempunyai ukuran rata – rata pendek dan beruas sehingga tak tampak dengan jelas. Batang ini mempunyai fungsi yaitu sebagai media untuk menopang atau menyangga berdirinya tanaman Sawi.

Baca Juga : Cara Buudidaya Buah Naga

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang klasifikasi dan morfologi tanaman Sawi, semoga memberikan manfaat bagi yang membutuhkan.  

You May Also Like

About the Author: jurirakyat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *