Klasifikasi dan Morfologi Tumbuhan Sorghum

Klasifikasi dan Morfologi Tumbuhan Sorghum – Sorgum atau nama latinnya Sorghum bicolor (L.) Moennch. Sorgum juga dikenal sebagai Gandrung, jagung centelan, dan jagung pati.

Tanaman sorghum cenderung tahan dari penyakit Dan hama. Umur panen tanaman ini pun relating singkat yakni hanya 55 hari.

Klasifikasi Sorghum

Kingdom Plantae
Sub Kingdom Viridiplantae
Infra Kingdom Streptophyta
Super Divisi Embryophyta
Divisi Tracheophyta
Sub Divisi Spermatophytina
Kelas Magnoliopsida
Super Ordo Lilianae
Ordo Poales
Famili Poaceae
Genus Sorgum moench
Spesies Sorgum bicolor L. Moench

Morfologi Sorghum

  1. Morfologi Akar

    Morfologi akar dibentuk Dari kecambahan biji. Kemudian diikuti tumbuhnya tunas akar serabut. Selanjutnya akar-akar lateral akan tumbuhnya Serta meluas di tanah bagian luar.   

  • Morfologi Daun

    Tanaman sorghum memiliki daunnya 7 sampai 24 per Saturday tanaman, until panjangnya sekirar 15 sampai 25 cm. Daun tanaman ini pada awalnya bertumbuh tegak yang kemudian melengkung.

  • Morfologi Batang

    Tanaman sorghum memiliki batang  tegak Serta kompak dengan diameter 0,5 sampai 3 cm.

  • Morfologi Bunga

Tandan bunga terbentuk pada pucuk bunga. Bunga pada tanaman sorgum tumbuh berpasangan, dengan satu merupakan hermaprodit dan yang lainnya adalah jantan.

Apabila malai telah tumbuh, maka bunga pun akan mekar, dan selanjutnya diikuti oleh bunga yang di bawahnya. Bunga tanaman sorgum mekar pada periode 6 hingga 9 hari.

Pada pukul 8.00 hingga 8.30 pagi, bunga pada tanaman sorgum akan mekar. Pemekaran bunga tanaman sorgum berlangsung selama 10 menit, sedangkan bunga akan tetap mekar selama dua jam.

  • Morfologi Buah

Untuk tahu apakah buah/biji sorghum siap dipanen kita cukup menunggu tanaman ini hingga berumur 55 sampai 75 hari. Pada berumur 55 sampai 75 hari biji tanaman sorghum siap dipanen karena, biji sorghum telah mencapai berat keeping maksimal Dan kandungan air dalam bijinya pun telah berkurang.

Baca Juga :

Nah, itu merupakan klasifikasi Dan morfologi dari tanaman sorghum (Sorghum bicolor L.) atau di Indonesia dikenalnya sebagai gandrung, jagung cantelan, dan jagung pati.

Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

You May Also Like

About the Author: jurirakyat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *