Melakukan Kunjungan Wisata Santai Ke Puri Agung Buleleng Di Singaraja Bali

Obyek wisata yang satu ini berlokasi dalam satu kawasan dengan Puri Seni Sasana Budaya di Kota Singaraja, sekarang selalu ramai dikunjungi oleh turis asing dan pada hari – hari tertentu melakukan kegiatan erat kaitannya dengan seni dan budaya warga Buleleng seperti pameran lukisan dan sejenisnya.

Kian tahun menjadi populer di mancanegara karena gencarnya promosi wisata yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Buleleng melalui situs internet yang dikeluarkan oleh keluarga puri dan mampu mendatangkan wisatawan dalam jumlah besar setiap tahun.

Baca Juga : Pengertian Sel Glia

Objek wisata Puri Agung Buleleng di Singaraja, Buleleng Bali adalah salah satu tempat wisata yang berlokasi sangat strategis yaitu di Jalan Mayor Metra No.12, Kota Singaraja, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng, Bali, Indonesia. Objek wisata ini lebih memberi kenangan manis dikunjungi ketika anda sedang cuti dari kantor sehingga suasana di sekitarnya tidak terlalu ramai oleh kunjungan para wisatawan lainnya, sedangkan pada hari – hari biasa maupun hari liburan, selalu ramai, meskipun demikian, tempat ini cukup indah dan mampu memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas sehari – hari anda dan mampu menghilangkan rasa bosan karena melakukan kegiatan rutinitas di kantor setiap hari.

Dari sederetan obyek wisata city tour yang tersedia di Kabupaten Buleleng, ujung utara dari Pulau Bali ini, semua menarik untuk dikunjungi seperti bangunan bergaya arsitektur khas Bali utara, komplek Puri Seni Sasana Budaya dengan Museum Buleleng, Gedong Kirtya, rumah – rumah kuno peninggalan Belanda dan eks Pelabuhan Buleleng dengan jembatan lengkungnya yang eksotik, ternyata keberadaan Puri Agung Singaraja yang etnis ini berhasil memikat hati turis asing untuk mampir ke dalamnya guna menikmati kemasan objek wisata seni dan budaya warga Bali yang saat ini dikendalikan oleh Anak Agung Panji Tisna dan keluarga.

Fasilitas Tersedia

Objek wisata Puri Agung Buleleng di Singaraja, Buleleng Bali, dilengkapi dengan beberapa fasilitas dan pelayanan guna menunjang kenyamanan para pelancong yang berkunjung ke tempat ini, diantaranya sebagai berikut :

  • Area parkir kendaraan
  • Tempat ibadah umat Hindu
  • Kamar mandi / MCK
  • Tempat istirahat berupa gazebo Bali yang antik
  • Rumah makan tradisional dan Nusantara di luar puri
  • Taman kota yang asri tempat kongkow kaula muda di Kota Singaraja
  • Galeri souvenir dan masih banyak lagi yang lainnya

Transportasi

Bagi wisatawan yang sudah sering berkunjung ke Kota Singaraja untuk berlibur, tentu sudah tidak bingung lagi untuk mendatangi lokasi objek wisata Puri Agung Buleleng di Singaraja, Buleleng, Bali, ini. Sedangkan bagi anda yang baru pertama kali kesini, disarankan untuk menyewa jasa kantor tour & travel beserta seorang pemandu wisata yang bisa merangkap sebagai sopir, bisa dengan memakai kendaraan pribadi seperti : mobil atau motor pribadi dan sepeda jika anda kebetulan sedang berlibur di Lovina yang tak jauh dari pusat Kota Singaraja.

Bagi yang suka berpetualang ala turis backpacker, anda bisa menyewa kendaraan umum seperti : angkot, ojek, bis umum atau angkutan lainnya yang mudah didapat di kota atau hotel dimana anda sedang menginap, anda bisa keliling Kota Singaraja terlebih dahulu guna melihat – lihat pemandangan kota nan asri dan berkesan sebagai sebuah kota kuno peninggalan jaman penjajahan Belanda dulu yang terlihat klasik, lalu berhenti di pusat kota. Setelah itu melanjutkan menuju ke lokasi.

Salah seorang penglisir Puri, Anak Agung Ngurah Brawida menjelaskan (kami rangkum dari berbagai sumber), Puri Agung Singaraja memang didirikan masih satu areal dengan Puri Seni Sasana Budaya, Museum Buleleng, dan Gedong Kirtya yang mulai dibuka untuk umum sebagai objek wisata city tour dan ramai dikunjungi wisatawan mancanegara dan domestik sejak pertama kali dibuka, beberapa tahun yang lalu (2007).

” Puri ini mulai dibuka untuk dikunjungi wisatawan, sejak tahun 2007 silam. Setelah sempat digunakan sebagai tempat digelarnya atau menjadi tuan rumah acara pertemuan Raja – Raja Nusantara, ” ungkap Agung Brawida. Para wisatawan terutama turis asing tertarik melihat arsitektur bangunan puri masih terlihat seperti kondisi puri pada jaman dulu tetap dipertahankan sebagaimana adanya dengan keunikan terlihat dari beberapa batang pohon buah sawo Bali terlihat tinggi dan rindang menaungi halaman samping dan belakang puri dimana pada waktu musim buah sawo tiba, terlihat pohon – pohon tersebut berbuah sangat lebat, menghasilkan citarasa buah sawo Bali semanis dan sebesar buah sawo Thailand. Anda bisa berfoto santai di sekitar taman ini terlihat unik dan alami.

Puri ini bisa dijadikan sebagai lambang keberadaan pusat kerajaan terbesar di Bali utara sekaligus sebagai pusat Pemerintah Soenda Kecil bisa dipelajari dari luar pulau sekalipun melalui situs internet yang dibuat oleh keluarga Puri Agung Singaraja dan promowisata oleh Pemerintah Kabupaten Buleleng.

” Sebagian dari mereka yang berkunjung ke Puri Agung Singaraja penasaran terhadap keberadaan Kerajaan Buleleng dan eks Pemerintahan Soenda Kecil, karena sebagian dari peninggalan kerajaan, baik berupa lontar, foto dan benda – benda lainnya ada di Museum Leaden, Belanda, ” ungkapnya.

Sebagian dari turis asing yang berkunjung ke Puri Agung Singaraja ini tertarik terhadap keberadaan sejarah Kerajaan Buleleng dan eks Pemerintahan Soenda Kecil dulu, seperti sebagian dari peninggalan kerajaan berupa lontar, foto dan benda – benda berharga lainnya ada di Museum Leaden, Belanda.

Baca Juga :

Turis asing juga bisa belajar melukis aliran seni lukis romantisme yang banyak mendapat pengaruh dari pelukis junior di Leiden, Belanda, seni musik tradisional & modern warga Bali, dan seni sastra Bali didampingi oleh putra – putri kerajaan di sebuah sanggar seni tak jauh dari pusat bangunan puri. Tak mengherankan sanggar seni ini mendapat perhatian khusus dari turis asing yang berkunjung ke dalamnya.

You May Also Like

About the Author: jurirakyat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *