5 Peluang Usaha Musiman Di Indonesia

Peluang Usaha Musiman Di Indonesia – Yang dimaksud dengan usaha musiman adalah usaha yang hanya dijalankan pada periode – periode tertentu saja. Jenis bisnis ini biasanya tidak berjalan lama karena hanya muncul pada saat ada momen – momen khusus saja yang terkadang dapat juga muncul secara tiba – tiba dan langsung booming namun memiliki kekurangan yaitu hanya mampu bertahan sebentar karena kondisi pasar yang cepat merasa jenuh. Meskipun demikian, orang – orang yang sedang menjalankan bisnis musiman dapat menghasilkan keuntungan yang besar maka dari itu anda jangan menyia – nyiakan kesempatan yang ada.

5 Peluang Usaha Musiman Di Indonesia
5 Peluang Usaha Musiman Di Indonesia

Nah bagi anda yang merasa tertarik untuk menerjuni bisnis ini maka anda bisa mengikuti beberapa peluang usaha musiman yang bisa dicoba antara lain sebagai berikut :

Beberapa Peluang Usaha Musiman Yang Layak Untuk Dicoba

1. Bisnis menyambut tahun baru

Sekitar awal bulan Desember setiap tahun beberapa kelompok orang begitu antusias untuk menyambut kedatangan tahun baru 1 Januari karena tidak hanya ada libur panjang di akhir tahun namun sebentar lagi tahun yang baru akan segera tiba dan ini tentu saja akan membuat banyak orang bersemangat menantikan kedatangannya karena mempunyai resolusi yang baru. Biasanya aka nada banyak acara yang bisa digelar saat penghujung tahun tiba sekitar tanggal 31 Desember hingga awal Januari guna merayakannya yang berdampak bagus pada dunia bisnis.

Beberapa pekuang usaha yang dapat dicoba antara lain berjualan kalender, terompet, kembang api, hingga event organizer / EO yang kegiatannya mengurus keperluan acara – acara tahun baruan secara resmi.

Baca Juga : Penyebab Utama Pinjaman Anda Ditolak

2. Bisnis Menjelang Imlek / Tahun Baru Cina

Keberadaan warga keturunan Indonesia – Tionghoa sangat banyak menyebar di seluruh Indonesia yang mana ini berpengaruh besar terhadap hari tahun baru Cina / Imlek yang saat ini telah diakui oleh negara dan menjadikannya sebagai hari libur nasional. Saat menjelang kedatangan Imlek mereka akan merayakan dan membutuhkan sejumlah benda – benda dekorasi Imlek guna menghias rumah, toko dan bangunan rumah sebagai tempat tinggal serta beberapa ruas jalan dengan hunian mayoritas warga keturunan Indonesia – Tionghoa juga beberapa kawasan wisata seperti hotel, vila, atau resto – resto bergaya Cina. Belum lagi anda yang turut merayakan pastilah memiliki sebuah tradisi seperti membeli baju Imlek, kue – kue keranjang, lilin merah untuk sembahyang, kertas angpao, buah – buahan pilihan seperti jeruk dan apel dan sebagainya.

Melihat penjelasan dari kami tersebut di atas maka tak salah jika dinilai ada banyak sekali keperluan warga Tionghoa ketika gari Imlek tiba. Anda boleh mencoba berjualan benda – benda yang dibutuhkan mereka, karena permintaannya sangat besar dan menguntungkan.

3. Bisnis Di Hari Raya Keagamaan

Terdapat sejumlah hari besar keagamaan di Indonesia yang mana menjelang dua hari raya adalah termeriah yaitu Idul Fitri untuk masyarakat beragama Islam dan Natal bagi masyarakat beragama Katolik / Kristen.

Ketika hari – hari raya besar tiba, ada sejumlah tradisi digelar untuk merayakannya sehingga kebutuhan rumah tangga menjadi bertambah. Makanya dari kondisi seperti ini muncullah peluang usaha musiman guna menyambut hari raya yang terbilang beragam dan sangat menjanjikan untuk dapat mengumpulkan keuntungan yang memuaskan.

Contohnya adalah pada bulan suci Ramadhan dan hari raya Idul Fitri para umat Islam banyak membutuhkan busana – busanan Muslim, makanan buka puasa, dan aneka ragam kue – kue Lebaran dan akan menyusul perayaan Natal dan tahun baru yang mana umat Kristiani sangat membutuhkan pohon – pohon Natal dan kue – kue Natal, dan yang lainnya.

4. Bisnis Menyambut Hari Kemerdekaan RI

Pada tanggal 17 Agustus setiap tahun adalah hari kemerdekaan Republik Indonesia yang mana sebagai hari yang sangat penting bagi seluruh rakyat Indonesia ini pastinya pemerintah dan masyarakat begitu antusias untuk turut serta memperingatinya setiap bulan. Dimana – mana di seluruh Indonesia anda akan melihat ada sejumlah pedagang musiman yang berjualan bendera Merah Putih atau kaos – kaos santai bertemakan hal – hal yang berhubungan dengan kegiatan tujuh belas Agustusan RI, umbul – umbul, dan sebagainya. Anda sangat mudah menemukan pedagang bersangkutan di sepanjang jalan – jalan strategis atau pinggir alun – alun / lapangan pada bulan – bulan mendekati bulan Agustus. Untuk itu bagi anda yang merasa tertarik melakukan bisnis musiman maka anda bisa mencobanya ketika menjelang HUT RI dijamin pasti jualan anda bisa laris asalkan anda giat memasarkannya.

5. Bisnis Saat Event Olahraga

Event olahraga saat ini banyak memiliki penggemar terlebih lagi jika ajang olahraganya berskala internasional dan membawa nama baik negara maka pastilah masyarakat akan sangat perhatian dan berusaha mendorong kemajuan dengan memberikan dukungan. Contohnya adalah Asian Games 2018 yang lalu di Indonesia, pesta olahraga terbesar di Asia ini sangat meriah digelar sehingga berdampak kepada dunia usaha seperti pada bidang pebisnis yang mengkhusus memproduksi merchandise Asian Games 2018. Merchandise yang bisa diperjual belikan adalah kaos, boneka, topi, gantungan kunci, dan sebagainya. Peluang bisnis musiman ini biasanya hanya sekali terjadi namun begitu menguntungkan pebisnisnya.

Yang lainnya bisa anda coba antara lain bisnis di tahun politik dan bisnis yang mengikuti tren contohnya menjual koleksi mahal batu akik, es kepal milo adalah contoh bisnis musiman yang mengikuti tren yang mana ketika sedang populer, ada banyak yang ikut – ikutan berjualan batu akik dan es kepal milo. Namun biasanya mereka memiliki popularitas bisnis yang kurang mampu bertahan lama. Akhirnya banyak yang berhenti berjualan karena calon konsumen kurang berminat alias merasa bosan. Meskipun demikian ketika bisnis yang bersangkutan sedang tren, mereka berjualan bisa banyak meraup keuntungan.

Demikian kami menjelaskan kepada anda tentang peluang usaha musiman di Indonesia, semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Baca Juga : Hal Yang Harus Dilakukan Setelah Posting Artikel

You May Also Like

About the Author: jurirakyat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *