Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Otak Pada Anak

Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Otak Pada Anak – Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa sekarang ini teknologi telah mengalami perkembangan yang sangat pesat dimana banyak dijumpai perusahaan – perusahaan IT menciptakan gadget untuk mempermudah urusan manusia. Berbagai macam jenis teknologi yang dipasarkan kepada masyarakat luas tidak terhitung jumlahnya bisa dengan mudah anda jumpai tidak hanya di kota saja melainkan juga di pelosok desa, salah satu contoh teknologi yang sangat populer sekarang ini adalah gadget.

Setiap orang seperti diwajibkan untuk menggunakan gadget dengan teknologi yang serba canggih dan modern seperti televisi, telepon genggam, laptop, komputer tablet, smartphone, dan lain – lainnya. Gadget ini mudah ditemui dimanapun, baik terhadap orang dewasa maupun anak – anak. Anak – anak telah menjadi konsumen aktif dimana banyak terdapat produk – produk elektronik dan gadget yang menjadikan anak – anak sebagai target pasar mereka.

Seperti yang diketahui, perkembangan gadget di Indonesia mengalami pertumbuhan yang cukup pesat bahkan peminat gadget kian hari semakin bertambah dan hampir semua kalangan suka menggunakan gadget. Beberapa perusahaan gadget  tengah berlomba – lomba untuk mengembangkan produk unggulan dengan menonjolkan kelebihan masing – masing sehingga bisa dipastikan bahwa beberapa tahun ke depan, teknologi gadget semakin trend.

Tidak hanya terhadap kalangan atas saja yang dapat memiliki tablet dan smartphone. Namun kalangan menengah ke bawah di pelosok desa pun mampu memiliki sebuah tablet dan smartphone karena semakin bersaingnya benda – benda gadget tersebut sehingga membuat harga gadget semakin ekonomis. Maka dari itu, banyak produk – produk baru yang menawarkan gadget dengan harga yang cukup murah tetapi berkualitas. Karena itulah sekarang orang – orang dengan mudah bisa mengkoleksi lebih dari satu gadget dan berpengaruh besar terhadap permainan yang dimainkan anak – anak zaman sekarang berbeda dengan dulu.

Meskipun bisa mempermudah kerja manusia, gadget sangat berpengaruh terhadap perkembangan mental anak – anak, maka dari itu ada beberapa faktor yang membuat gadget berpengaruh besar terhadap mental dan otak mereka antara lain adalah sebagai berikut :

Gadget semakin hari semakin canggih

Hal ini tentulah memberikan dampak bagus dan banyak manfaat yang mempermudah pekerjaan mereka meskipun masih anak – anak. Apalagi dengan ukurannya yang terbilang kecil dan trendy, gadget mudah dibawa kemana – mana dan kapan pun, hal inilah yang membuat gadget seolah – olah menjadi sebuah barang yang sangat penting dan tidak bisa terpisahkan dari aktivitas manusia tak terkecuali anak – anak. Selain itu gadget dilengkapi dengan fitur game yang sangat menarik minat anak – anak.

Secara tidak sadar gadget membuat ketergantungan

Secara tidak sadar, saat ini anak – anak rentan mengalami ketergantungan menggunakan gadget. Ketergantungan inilah yang menjadi salah satu pengaruh negatif yang sangat berpengaruh besar terhadap perkembangan otak dan mental, contohnya adalah handphone. Sehari saja tidak memakai handphone pasti ada rasa yang mengganjal. Gadget dapat menyebabkan kesehatan manusia terganggu karena efek radiasi dari teknologi ini sangat berbahaya bagi kesehatan manusia terutama pada anak – anak yang berusia 12 tahun kebawah yang dapat mengakibatkan penyakit kanker.

Dapat mengganggu perkembangan anak

Gadget mempunyai fiture – fiture yang canggih seperti, kamera, video, games dan lain – lainnya. Fiture ini bisa mengganggu proses pembelajaran di sekolah. Misalnya ketika guru sedang menerangkan pelajaran di depan salah satu siswa yang sedang asyik bermain gadget dengan diam – diam atau mereka manfaatkan sebagai alat untuk hal – hal yang tidak baik.

Demikian kami menjelaskan semoga bermanfaat bagi para orangtua agar hati – hati terhadap kondisi anak anda yang terlalu suka dengan permainan baru mereka serba menggunakan tehnologi canggih seperti gadget !

Baca Juga : Cara Budidaya Talas

You May Also Like

About the Author: jurirakyat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *