Pengertian Akomodasi

Pengertian Akomodasi adalah salah satu sarana yang disediakan guna memenuhi fungsi sebagai media untuk menyediakan jasa – jasa layanan penginapan yang secara garis besar dilengkapi dengan layanan tambahan berupa penyediaan fasilitas makan dan minum serta jasa – jasa lainnya.

Jenis – Jenis Akomodasi

1/Hotel

Yang dimaksud dengan Hotel adalah akomodasi yang memanfaatkan sebagian atau seluruh dari bangunan yang memiliki fungsi untuk penyediaan jasa pelayanan penginapan terhadap tamu yang berkunjung dengan kelengkapan fasilitas lainnya seperti makan dan minum serta jasa yang lainnya yang dikelola dengan cara komersil dan profesional.

2/Motel

Terdapat beberapa pengertian terhubung tentang Motel yaitu sebagai berikut :

/1/Motel adalah sebuah bangunan yang berukuran cukup besar berlokasi di luar pusat kota atau tempat – tempat khusus yang berdekatan dengan jalan raya besar. Bangunan ini menyediakan penginapan berbentuk apartemen yang bisa ditempati kurang lebih 24 jam dengan memiliki pintu masuk tersendiri dan sebuah garasi / tempat parkir mobil yang aman, cukup luas dan nyaman.

/2/Merupakan penggabungan dari 2 suku kata yaitu motor dan hotel yakni sebuah hotel yang menyediakan fasilitas khusus kepada tamu yang menginap yaitu kendaraan bermotor.

/3/Disebut juga Motor Hotel adalah salah satu jenis akomodasi yang berlokasi diantara 2 kota besar dimana pada hari – hari tertentu ‘full booking’, bisa berfungsi sebagai tempat beristirahat bagi para pengendara mobil / sepeda motor sesudah lelah melakukan perjalanan jauh dan biasanya mereka baru akan melanjutkan perjalanan keesokan harinya dimana mobil para tamu bisa diparkir dekat kamar – kamar tidur.

3/Guest House

Adalah sebuah akomodasi yang dikelola oleh suatu perusahaan diperuntukkan untuk para tamu yang akan menginap dimana nantinya diberikan pelayanan tambahan berupa makan dan minum. Atau salah satu jenis akomodasi yang hanya memiliki fasilitas sederhana saja contohnya di Indonesia adalah Pondok Wisata.

4/Youth Hostel

Merupakan salah satu bangunan yang berukuran cukup besar dan tertata apik disediakan untuk tamu pejalan kaki, pasangan muda bersepeda motor atau sepeda biasa, dan yang lainnya sejenis, dengan fasilitas makan dan minum layaknya seperti rumah sendiri dengan biaya yang tidak terlalu mahal.

5/Apartement

/1/Apartement adalah sebuah bangunan lumayan besar yang khusus menyediakan jasa layanan akomodasi untuk jangka lama terhadap sejumlah orang yang akan menempati unit – unit tersendiri berisikan dapur, ruang makan dan ruang keluarga.

/2/Apartement Hotel adalah sebuah bangunan yang menyerupai hotel terdiri dari beberapa unit apartement namun tak menyediakan jasa layanan ‘catering’.

6/Sanotarium

Adalah sebuah tempat peristirahatan atau ‘petirahan’ yang khusus menyediakan layanan penginapan dilengkapi dengan fasilitas berupa hidangan dengan menu makanan diet diperuntukkan bagi para wisatawan yang sedang menderita penyakit tertentu.

7/Pension

Mengandung 3 pengertian adalah sebuah rumah penginapan biasa yang berukuran cukup luas, atau penginapan ditujukan untuk wisatawan domestik / mancanegara yang menyediakan jasa untuk menginap disertai layanan berupa sarapan pagi dengan biaya relatif murah, umum berlokasi di Eropa, dan dapat juga diartikan sebagai sebuah hotel kecil yang khusus menyediakan sarapan pagi saja kepada para tamu dengan mengenakan tarif tertentu.

Usaha penginapan jenis ini dibangun dalam bentuk kecil yang hanya menempati satu atau dua lantai dari sebuah bangunan yang bertingkat, juga menyediakan satu ruangan untuk ruangan umum.

8/Bungalow

Adalah salah satu jenis akomodasi yang memiliki bentuk menyerupai rumah berlokasi pada daerah – daerah pegunungan yang secara umum disewakan untuk tamu dengan membawa serta anggota keluarga, berfungsi sebagai tempat untuk melakukan peristirahatan di waktu musim liburan. Penginapan jenis ini memberikan jasa – jasa yang lainnya kecuali tanpa ‘catering’ untuk sejumlah tamu di waktu yang bersamaan.

Jenis – jenis akomodasi yang lainnya adalah Ryokan, Mess, Homestay, Losmen / Logement, Inn, Hospiz, Rooming House, Schutzhutte, Cottage, Kurhotel / Kurpension, Hostel / Asrama, Minshuku, Perkemahan, Foresteire, Pusat Peristirahatan, dan Rumah Istirahat.

Demikian kami mengulas tentang pengertian akomodasi, semoga bermanfaat !

You May Also Like

About the Author: jurirakyat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *