Pengertian, Ciri, Dan Proses Mitosis

Dalam artikel kami ini akan mengulas secara singkat tentang pengertian, ciri, dan proses Mitosis  dimana diketahui bahwa proses pembelahan Mitosis harus melalui beberapa tahapan pembelahan yang disebut fase – fase pembelahan Mitosis.

Namun sebelumnya marilah membahas terlebih dahulu tentang pengertian pembelahan Mitosis adalah sebuah proses terjadinya pembelahan pada inti sel menjadi dua bagian inti sel baru yang wajib melalui beberapa tahapan tertentu guna menghasilkan sel – sel anakan disertai dengan jumlah dan masing – masing jenis ‘Kromosom’ yang menyerupai sel induk.

Masing – masing sel anak mewarisi Kromosom yang mirip dengan Kromosom induk. Dari satu sel lalu membelah menjadi dua sel anak yang identik dengan induknya, nah apabila sel – sel induk menyimpan Kromosom dalam jumlah tertentu, maka setiap sel anakan juga akan melakukan hal yang sama melalui beberapa tahapan yang mula – mula inti sel akan membelah untuk selanjutnya diikuti oleh pembelahan ‘Sitoplasma’.

Ciri – Ciri Dan Proses Mitosis

Ciri – ciri dan proses Mitosis bisa dipelajari melalui tahap – tahap pembelahan Mitosis yang bisa anda lihat uraiannya secara singkat tersebut di bawah ini :

  • Tahapan Profase,
  • Tahapan Metafase,
  • Tahapan Anafase,
  • Tahapan Telofase,
  • Tahapan Interfase.

Tahapan Profase

Tahapan ini merupakan sebuah proses atau fase awal terjadinya pembelahan yang wajib dilalui. Cirinya adalah Kromosom mulai berubah wujud yaitu terjadi pemendekan, lalu menebal dan masing – masing mulai saling berpasangan / 2n yang terdiri dari dua benang. Pada fase ini membran terlihat jelas.

Tahapan Metafase

Tahapan ini khusus memperlihatkan kondisi membran inti mulai melebur. Cirinya adalah Kromosom berkumpul pada sebuah bidang ‘ekuator’ yang berada di pusat / bagian tengah sel. Selanjutnya Kromosom memperbanyak diri dengan melakukan pembelahan inti sel dimana masing – masing Kromosom terdiri dari dua bagian ‘Kromatid’, nah pada tahapan ini sel – sel sudah memiliki 4n Kromosom yang salaing berpasangan.

Tahapan Anafase

Proses pada fase ini adalah menunjukkan sebuah kondisi dari masing – masing Kromosom lalu selanjutnya memisahkan diri menjadi 2 bagian sama besar dimana masing – masing akan bergerak dengan teratur menuju ke arah kutub dari sel – sel yang saling berlawanan, hingga pada titik tertentu menjadi 2n Kromosom yang bergerak ke kutub berlainan.

Tahapan Telofase

Kromosom sudah sampai dengan selamat di kutub masing – masing untuk selanjutnya membentuk membran inti yang memiliki fungsi mengelilingi kelompok – kelompok Kromosom dimana masing – masing kedua inti akan mulai membentuk inti – inti baru yang bermunculan dan memisahkan membran. Kemudian membran sel mulai membentuk dan memisahkan kedua sel – sel anakan, nah lengkaplah proses pembelahan Mitosis yaitu dari satu sel menjadi dua sel anakan. Masing – masing sel anak menyimpan 2n Kromosom.

Demikian pembahasan kami tentang pengertian disertai ciri dan proses Mitosis semoga saja bermanfaat !

You May Also Like

About the Author: jurirakyat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *