Pengertian, Ciri, Jenis, Unsur Dan Manfaat Seni Sastra

Pengertian, Ciri, Jenis, Unsur Dan Manfaat Seni Sastra – Cabang kesenian yang banyak mengulas dan menghasilkan karya berupa tulisan adalah sastra. Sastra merupakan hasil karya seni berupa tulisan yang diciptakan melalui proses pengamatan, perasaan, penghayatan, dan berpikir.

Pengertian, Ciri, Jenis, Unsur Dan Manfaat Seni Sastra
Pengertian, Ciri, Jenis, Unsur Dan Manfaat Seni Sastra

Hasil imajinasi ini kemudian digunakan untuk memunculkan ide yang diaktualisasikan melalui media berupa puisi, cerita, prosa bahkan karya nonfiksi karya nonfiksi.

Baca Juga :

Seni sastra memiliki ciri khas dibandingkan seni yang lain. Ciri tersebut antara lain berkaitan dengan sifat karya sastra yang memiliki keaslian, keartistikan dan keindahan dalam isi maupun ungkapan kebahasaannya. Selain itu, sastra memiliki ciri khas yang imajinatif.

Hasil karya sastra bisa berupa karya realis (sesuai dengan kenyataan) atau surealis (tidak sesuai dengan kenyataan). Sastra ditulis dengan gaya bahasa yang bebas untuk menyampaikan ekspresi penulis.

Berbagai macam jenis karya sastra pun bermunculan. Dahulu, karya sastra banyak digunakan dalam acara-acara perayaan dan acara besar.

Namun kini, seni sastra berkembang menjadi suatu seni yang bisa dimasuki oleh siapapun. Jenis sastra yang pertama adalah puisi. Puisi merupakan karya yang di dalamnya memuat ungkapan perasaan melalui tiap liriknya. Puisi terdiri dari puisi baru yang tidak memiliki aturan penulisan dan juga puisi lama seperti pantun, syair, gurindam dan lain-lain.

Jenis karya sastra yang lainnya adalah prosa. Prosa biasanya memiliki unsur yang lengkap mulai dari pengenalan, konfliks, klimaks, sampai dengan penyelesaian.

Prosas biasanya terdiri dari teks cerita seperti cerpen, fable, dongeng, dan lain sebagainya. Prosa ini lebih menonjolkan penceritaan yang memuat nilai dan amanat kental untuk pembaca. Terdapat empat jenis prosa yakni prosa naratif, deskriptif, argumentatif, dan eksposisi.

Karya sastra memiliki unsur yang dominan pada masing-masing tulisannya. Unsur yang dimiliki karya sastra terdiri dari unsur intrinsic (yang berasal dari dalam karya itu sendiri) dan juga unsur ekstrinsik (berasal dari luar karya sastra).

Unsur intrinsik karya sastra meliputi tema, watak (perwatakan), alur, gaya bahasa, latar (tempat dan waktu), sudut pandang, dan amanat cerita. Sementara unsur ekstrinsik terdiri dari pengarang, latar belakang pengarang, latar belakang cerita dan juga lingkungan sekitar tempat tinggal pengarang.

Manfaat dari adanya karya sastra adalah sebagai media pengungkapan atau media ekspresi bagi penulis dalam menuangkan ide dan gagasannya.

Baca Juga :

Selain itu bagi pembaca, karya sastra dapat memberikan sudut pandang lain dari suatu cerita yang dibangun. Pembaca juga dapat menikmati karya sastra dari estetika bahasa yang digunakan. Pesan moral atau amanat yang terkandung dalam suatu karya sastra pun terkadang penting bagi pembaca.

About the Author: jurirakyat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *