Pengertian dan Definisi Sosiologi

Pengertian dan Definisi Sosiologi – Pengertian Sosiologi merupakan salah satu bagian dari ilmu sosial. Kata sosiologi diambil dari bahasa Latin yaitu dari kata socius dan logos.

Socius memiliki arti kawan, sedangkan logos memiliki arti ilmu pengetahuan. Sehingga, secara umum sosiologi dipahami sebagai sebuah ilmu yang mempelajari tentang manusia dan interaksi antar manusia.

Kata sosiologi pertama kali muncul pada buku karangan dari August Comte “Cours De Philosophie Positive”. August Comte lalu dikenal sebagai Bapak Sosiologi.

Sosiologi merupakan ilmu masyarakat yang mempelajari mengenai masyarakat dan aspek-aspek yang terkait. Ilmu ini mempelajari dan mengamati perilaku dari masyarakat dengan tujuan tertentu. Ilmu ini terus berkembang mengikuti kemajuan jaman dan diakui sebagai bagian dari ilmu pengetahuan yang tersusun dari hasil penelitian-penelitian ilmiah. Cakupan pokok bahasan dalam ilmu sosiologi terdiri dari fakta sosial, tindakan sosial, khayalan sosiologis, dan juga realitas sosial.

Berikut adalah beberapa pengertian dan definisi sosiologi menurut para ahli:

  • Pengertian sosiologi menurut Selo Soemardjan dan Soelaeman Soemardi

Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan tentang masyarakat yang mempelajari struktur sosial, proses sosial, dan hubungan masyarakat yang selalu berjalan dinamis sehingga dapat memberikan kajian mengenai perubahan sosial.

  • Pengertian sosiologi menurut Pitirim Sorokin

Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari hubungan sosial serta pengaruh timbal balik hubungan sosial, seta mengkaji gejala sosial yang terjadi akibat adanya hubungan sosial yang terjadi dalam masyarakat.

  • Pengertian sosiologi menurut Roucek dan Warren

Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang fokus mempelajari hubungan sosial antar manusia dengan kelompok sosial di sekitarnya. Manusia merupakan makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri, melainkan memerlukan adanya interaksi dengan manusia yang lain.

  • Pengertian sosiologi menurut Emile Durkheim

Sosiologi yaitu ilmu pengetahuan yang mempelajari mengenai fakta sosial dan karakteristik setiap manusia dalam kehidupan masyarakat. Fakta sosial merupakan cara manusia dalam bertindak, memiliki perasaan, dan berpikir.

  • Pengertian sosiologi menurut Soerjono Soekanto

Sosiologi yaitu ilmu pengetahuan yang fokus pembelajarannya ada pada mempelajari masyarakat secara umum dan pola-pola umum yang terjadi dalam kehidupan masyarakat supaya dapat menghindari adanya konflik sosial akibat adanya interaksi antar manusia.

Baca Juga :

You May Also Like

About the Author: jurirakyat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *