Pengertian Dan Fungsi Kepemimpinan Dalam Manajemen

Pengertian Dan Fungsi Kepemimpinan Dalam Manajemen – Pengertian kepemimpinan adalah dalam hal ini terhadap seseorang yang menyimpan atau memiliki kemampuan istimewa guna mempengaruhi orang lain di dalam wilayah kerja masing – masing dengan menggunakan kekuasaan yang mereka miliki baik itu dalam bentuk bakat dan keahlian.

Kekuasaan yang dimaksud di sini adalah sebuah kemampuan guna mengarahkan dan mempengaruhi bawahan masing – masing sehubungan dengan tugas dan wewenang yang wajib mereka lakukan.

Ada 3 ‘implikasi’ dari penjabaran pengertian tersebut di atas yaitu yang pertama adalah kepemimpinan yang menyangkut tentang orang lain yaitu bawahan atau para pengikut dimana terdapat unsur kesediaan bawahan untuk mau diberikan dan menerima pengarahan dari pemimpin.

Kedua adalah kepemimpinan yang menyangkut tentang wewenang pembagian kekuasaan yang tak seimbang dimana dalam hal ini memiliki wewenang untuk mengarahkan bawahannya namun bawahan tak bisa membantu mengarahkan kegiatan – kegiatan pemimpin. Ketiga adalah memberikan pengarahan dengan rutin kepada bawahan, dimana pemimpin harus mampu mempergunakan pengaruhnya.

Dari penjelasan ketiga implikasi tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa figur seorang pemimpin tak hanya mampu memerintah bawahan saja tentang apa – apa yang wajib dilakukan, juga wajib mampu mempengaruhi bawahan guna melakukan dan melaksanakan perintah – perintahnya sesuai dengan aturan yang disepakati bersama – sama.

Berhubungan dengan bidang keleluasaan dan kebebasan penggunaan wewenang pemimpin terhadap hubungan kerja dengan bawahan masing – masing maka di bawah ini kami berikan fungsi kepemimpinan terutama erat hubungannya dengan manajemen adalah sebagai berikut :

  1. Berhubungan dengan beberapa uraian tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa pemimpin mampu berfungsi dalam mengendalikan dan memiliki pengaruh yang cukup potensial bagi perkembangan sebuah organisasi dalam skala besar atau menengah dan kecil.
  2. Penelitian yang dilakukan oleh beberapa psikologi gabungan tim peneliti ahli lainnya berhasil menemukan beberapa ‘karakteristik’ dari seorang pemimpin adalah sebagai berikut : salah satunya menurut Edwin Ghiselli di dalam penelitian ilmiahnya menjelaskan tentang sifat – sifat tertentu yang wajib menjadi arahan dalam penelitian ilmiahnya terkait dengan fungsi kepemimpinan dalam manajemen untuk kepemimpinan yang lebih efektif adalah sebagai berikut :
  • Kemampuan dalam hubungannya dengan kedudukan mereka sebagai pengawas atau pelaksana fungsi – fungsi manajemen, terutama terkait dengan pengarahan dan pengawasan terhadap pekerjaan orang lain.
  • Untuk pemenuhan kebutuhan akan prestasi di dalam hubungan kerja mencakup pencarian tanggung jawab dan motivasi besar untuk meraih kesuksesan.
    Terkait dengan kecerdasan yang mencakup kebijakan, pemikiran kreatif dan daya pikir.
  • Ketegasan dan atau kemampuan guna membuat aturan dan keputusan serta tanggap dalam memecahkan masalah dengan sikap tepat, bijaksana dan cakap.
  • Berhubungan dengan rasa percaya diri atau pandangan terhadap dirinya sebagai sebuah kemampuan guna menghadapi masalah.
    Fungsi inisiatif atau kemampuan guna melaksanakan tindakan tak tergantung dimana nantinya akan menjurus kepada menggabungkan serangkaian kegiatan – kegiatan untuk menemukan cara – cara baru / inovasi baru.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang pengertian dan fungsi kepemimpinan dalam manajemen, semoga bermanfaat !

Baca Juga :

About the Author: jurirakyat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *