Pengertian dan Manfaat Berdzikir

Pengertian dan Manfaat Berdzikir – Dzikir menpunyai arti yaitu “mengingat”,”menyebut”, dan “berdoa” sedangkan kata dzikir artinya pengajian dan memori. Dalam agama islam dzikir dapat diartikan dengan mengingat allah atau menyebut Allah secara lisan dengan kalimat tayyibah.

Definisi dzikir ialah mengingat adanya Allah. Dzikir merupakan sebagian dari urutan imam yang diperintahkan Allah untuk dilaksanakan sebagai mana mestinya.

Baca Juga :

Dzikir juga menbuat hari kita menjadi tenang dana damai. Jika kita mengingat ada Allah maka kita akan melakukan perintahNya dan menjauhi larangNya sehingga kita menjadi lebih baik lagi. Mengingat Allah juga akan mengetahui kebesaran Allah dan juga akan meningkatkan keimaman kita dalam menghadapi masalah. Menginggat kebesaran Allah dan menyebut namaNya mendapatkan pengampunan dosa dan ridho dari Allah.

Setelah kita ketahui tentang pengertian secara umum tentang dzikir selanjutnya manfaat dzikir buat kita, berikut ini manfaat dari berdzikir:

  1. Dapat menenangkan pikiran dan hati

Dengan berdzikir akan menbuat pikiran dan hati kita akan menjadi tenang dan lebih fokus, ini akan menbuat kinerja otak kita menjadi lebih efektif dan menbuat tubuh menjadi lebih sehat

  1. Kekuatan dan kemenangan

Dengan mengingat adanya Allah dan selalu menyebutNya akan menbuat kita mengeluarkan kemampuan kita, dan hal yang tidak mungkin kita lakukan bisa saja mungkin kita lakukan, namun dalam ajaran agama islam hal yang bisa terjadi mungkin saja akan terjadi dengan kehendak dari Allah.

  1. Ketenangan jiwa

Dengan berdzikir akan menbuat diri kita sadar bahwa kita hidup didunia cuma sebentar, dan banyak orang hanya mengejar kemewahan didunia tanpa berpikir kehidupan setelah kita meninggal. Berbanyak berdzikir akan menbuat sifat serakah kita tentang dunia akan semakin lama akan berkurang bahkan menghilang dan akan menbuat diri kita sadar akan ketenangan jiwa.

  1. Menjauhkan dari siksa api neraka

Dengan berdzikir menjadi kita selalu mengingat Allah dan akan menjauhkan laranganNya, sehingga dosa kita akan berkurang, namun banyak manusia lupa dengan keberadaan Allah apalagi saat kita dalam senang dan kita akan meninggat allah dalam keadaan susah, ini sudah menjadi sifat manusia

Baca Juga :

About the Author: jurirakyat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *