Pengertian Dan Manfaat Bumn

Pengertian Dan Manfaat Bumn – Banyak yang bilang bahwa perusahaan – perusahaan BUMN sangatlah bagus dan bergengsi, sehingga sebagian dari kita ingin sekali bekerja di perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut agar dapat hidup dengan lebih sejahtera dan juga dapat memberikan kebanggaan bagi diri sendiri.

Begitu pula banyak mahasiswa yang ingin sekali magang di perusahaan BUMN demi mendapatkan pengalaman yang berharga untuk bekerja di perusahaan tersebut.

Namun sayangnya, beberapa dari kita masih belum mengetahui secara pasti apa yang dimaksud dengan BUMN itu sendiri. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai pengertian dan manfaat BUMN agar kita dapat lebih memahaminya lagi:

Pengertian BUMN

Pengertian BUMN merupakan perusahaan yang dikontrol dan dimodalkan oleh pemerintah baik sepenuhnya, sebagian besar, maupun sebagian kecil yang berasal dari kekayaan Negara.

Manfaat BUMN

Berikut adalah beberapa manfaat BUMN baik bagi Negara maupun masyarakatnya:

  1. Dapat menambah pemasukan bagi kas Negara, yang berdampak pada peningkatan perekonomian Negara
  2. Dapat meningkatkan kualitas maupun kuantitas dari produksi komoditi ekspor, baik itu migas maupun non migas yang akan berdampak pada penambahan devisa Negara.
  3. Dapat mencegah pihak swasta untuk melakukan praktik monopoli dalam pemenuhan barang dan jasa.
  4. Dapat memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk mendapatkan pekerjaan dengan layak.
  5. Dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk memperoleh barang dan jasa demi memenuhi kebutuhan hidup mereka.

Perlu kita ketahui bahwa selain Badan Usaha Milik Swasta (BUMS) dan Koperasi, BUMN ini merupakan salah satu dari penyelenggara ekonomi dalam skema perekonomian nasional.

BUMN sendiri memiliki tujuan untuk membantu masyarakat dalam mewujudkan kesejahteraan dan memenuhi kebutuhan hidup mereka di berbagai sektor seperti telekomunikasi, transportasi, konstruksi, perkebunan, perikanan, pertanian, keuangan, dan lain sebagainya.

Sehingga dapat diketahui bahwa BUMN memiliki beberapa fungsi terkait dengan perekonomian di sebuah Negara.

Demikianlah penjelasan artikel mengenai pengertian dan manfaat BUMN, semoga bagi kita yang telah membacanya dapat lebih memahami BUMN itu sendiri, dan juga dapat membantu Negara untuk menggerakkan roda perekonomiannya.

About the Author: jurirakyat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *