Pengertian dan Prosedur Elektrokardiograf

Pengertian dan Prosedur Elektrokardiograf – Pada artikel kali ini kita akan membahas suatu topik mengenai pengertian dari elektrokardiograf dan prosedur-prosedur yang ada pada elektrokardiograf.

Oleh karena itu, mari simak pembahasan di bawah ini

Pengertian Elektrokardiograf

Pengertian Elektrokardiograf merupakan sebuah alat medis yang digunakan untuk mengukur kondisi jantung pasien melalui irama dan frekuensi dari detak jantung yang dideteksi oleh elektrokardiograf tersebut.

Hasil dari frekuensi detak jantung pasien dengan menggunakan elektrokardiogram kemudian disebut sebagai elektrokardiogram. Elektrokardiogram yang merupakan hasil dari elektrokardiograf akan ditampilkan melalui sebuah layar atau kertas print.

EKG merupakan sebuah bukti kemajuan dalam bidang medis. Bagaimana tidak, EKG sangat efektif untuk pemeriksaan penyakit yang berhubungan dengan jantung, seperti pemeriksaan untuk mengetahui kelainan jantung sejak dini, untuk mengetahui apakah pasien mempunyai riwayat keluarga yang mengalami penyakit jantung atau bahkan mengetahui gejala lainnya seperti diabetes, kolesterol dan lainnya yang bisa dideteksi oleh EKG.

Prosedur Elektrokardiograf

Sebelum melakukan tes elektrokardiograf, pertama-tama alat atau sensor bernama elektroda akan dipasangkan di bagian tangan, bagian kaki, juga di dada. Akan lebih baik jika pasien memakai baju terpisah. Apabila di lokasi yang akan di tempelkan elektroda terdapat banyak bulu, maka dokter akan memerintahkan pasien untuk mencukurnya terlebih dahulu sebelum tes dilakukan.

Di bagian-bagian tubuh yang diletakkan sensor elektroda kemudian akan dilekatkan oleh semacam cangkir hisap atau bisa juga menggunakan gel lengket. Kemudian EKG akan mendapatkan hasil dari arus listrik yang dihasilkan jantung dengan sensor elektroda.

Setidaknya terdapat 3 tahap tes, yakni :

  • EKG Istirahat

Pada tes yang berlangsung selama 5-10 menit ini, pasien tidak diperbolehkan bergerak sama sekali. Ini dikarenakan impuls listrik lain akan dihasilkan akibat gerakan yang dilakukan.

  • EKG Ambulatory

Pada tes yang berlangsung selama 24 jam ini, Ambulatory akan dilakukan menggunakan alat perekam portable

  • EKG Tes Stress Jantung

Pada tes yang berlangsung selama 15-30 menit ini, pasien akan melalui tes menggunakan treadmill dan berjalan di atas treadmill tersebut.

Demikianlah artikel mengenai pengertian dan prosedur EKG.

Sampai bertemu di artikel selanjutnya.

You May Also Like

About the Author: jurirakyat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *