Pengertian dan Proses Metabolisme Protein

Pengertian Protein merupakan senyawa organik komplek yang memiliki berat molekul tinggi serta terdiri dari asam amino yang terhubung karena adanya ikatan peptida.

Protein memiliki peran yang penting bagi kelangsungan struktur dan fungsi sel-sel makhluk hidup. Metabolisme diambil dari bahasa Yunani yang berarti berubah.

Pengertian dan Proses Metabolisme Protein
Pengertian dan Proses Metabolisme Protein

Secara istilah, metabolisme yaitu proses perubahan secara kimia yang terjadi di dalam tubuh makhluk hidup.

Metabolisme protein dibutuhkan untuk menjaga kelangsungan sel di makhluk hidup. Metabolisme protein merupakan proses yang terjadi secara terus menerus.

Baca Juga : Pengertian dan Penyebab Gempa

Proses ini mencakup penguraian protein menjadi komponen yang lebih kecil berupa asam amino bebas yang kemudian akan disintesis kembali menjadi protein. Tidak semua asam amino bebas disintesis kembali menjadi protein. Sebagian kecilnya dikatabolisasi menjadi urea pada mamalia.

Berikut adalah penjelasan mengenai proses-proses tersebut.

Penguraian atau degradasi protein menjadi asam amino

Proses ini terjadi di saluran pencernaan. Protein masuk ke dalam tubuh bersumber dari makanan yang telah dimakan. Di lambung, enzim peptin dan asam lambung mengubah menjadi proteosa dan pepton. Kemudian di pankreas, proteosa dan pepton diubah menjadi polipeptida.

Proses hidrolisis peptida berlangsung hingga protein berubah menjadi asam amino. Asam amino ini masuk ke sistem sirkulasi agar bisa digunakan oleh tubuh.

Oksidasi asam amino

Proses metabolisme asam amino dimulai dengan pelepasan gugus asam amino yang terdiri dari dua proses, yaitu transaminasi dan deaminasi.

Umumnya, proses ini terjadi di hati. Proses ini dapat menghasilkan kerangka karbon yang akan diubah menjadi senyawa antara untuk metabolisme utama dalam tubuh.

  • Transaminasi

Proses ini merupakan proses katabolisme asam amino yang mencakup pelepasan gugus amino dari satu asam amino ke asam amino lain. Reaksi ini dibantu oleh enzim transaminase.

  • Deaminasi

Asam amino dapat diubah menjadi asam glutamat pada proses transaminasi. Pada deaminasi, asam glutamat melepaskan gugus amino dalam bentuk urea.

Siklus Urea

Siklus ini melibatkan pengubahan senyawa amonia yang berbahaya bagi tubuh menjadi urea. Urea terdiri dari dua molekul amonia dan satu karbondioksida. Urea dikeluarkan dari tubuh makhluk hidup dalam wujud urin.

Baca Juga : Pengertian Difusi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *