Pengertian, Diagnosa, Gejala, Penyebab dan Cara Mengobati Kanker Tiroid

Pengertian, Diagnosa, Gejala, Penyebab dan Cara Mengobati Kanker Tiroid – Tiroid merupakan sepasang kelenjar yang berada di bagian belakang jakun  atau kartilago tiroid. Letaknya bisa dideteksi di sisi tenggorokan.

Kelenjar ini berbentuk menyerupai kupu-kupu. Fungsinya sangat penting dalam memproduksi hormon  bagi tubuh manusia.

Hormone-hormon yng diproduksi pada kelenjar ini sangat banyak seperti metabolisme, pertumbuhan, suhu tubuh, denyut jantung, tekanan darah, berat badan, dan lainnya. Hormone tersebut memiliki fungsi khusus bagi kelangsungan sistem tubuh manusia.

Salah satu penyakit berbahaya yang bisa menyerang manusia adalah kanker tiroid. Kanker ini menyerang bagian tiroid sehingga mempengaruhi sistem kerja hormone tubuh.

Baca Juga : Sistem Kerja Otot

Hormone yang terganggu berakibat pada ketidakpaduan sistem kerja tubuh manusia. Kanker tiroid ini terjadi akibat adanya pertumbuhan sel kanker yang tidak terkendali pada bagian tiroid.

Penyakit kanker tiroid ini cenderung masih langka. Hingga saat ini belum diketahui terapi yang pas digunakan sebagai penyembuhannya. Namun dengan pencegahan sejak dini, mampu menekan angka kematian yang disebabkan oleh kanker tiroid. Kanker ini terjadi pada seseorang dengan usia yang berada di bawah 55 tahun. Bahkan pada beberapa kejadian, kanker ini menyerang remaja dan anak-anak.

Gejala kanker tiroid biasanya ditandai dengan munculnya benjolan di bagian tenggorokan. Selain itu, terjadi dengan perubahan di bagian suara (menjadi serak) dan juga pembengkakan di leher yang disertai dengan rasa nyeri. Hal ini berkaitan dengan hormone yang terganggu akibat adanya sel kanker yang tumbuh di tiroid.

Gejala lain dari kanker ini adalah gangguan pernafasan, batuk yang tidak disertai pilek, atau sering merasa kelelahan dan mengantuk.

Penyebab dari penyakit ini menurut diagnose karena kekurangan zat yodium dalam tubuh manusia. Sistem kerja tiroid membutuhkan banyak mineral yang berfungsi untuk mengatur penggunaan kalori yang benar. Sementara itu, terdapat juga sel folikel yang memerlukan zat yodium.

Penyebab lainnya adalah adanya paparan radiasi yang diterima oleh manusia. Akibat yang ditimbulkan oleh radiasi secara terus menerus dapat mengganggu sistem kerja tiroid, terlebih porsi radiasi yang didapatkan terlampau sering dan porsi yang tinggi.

Penanganan penyakit ini memang belum diketahui dengan terapi yang tepat.  Namun, deteksi dini kanker tiroid berarti prognosis.

Deteksi atau diagnose yang dilakukan dapat mencegah penyakit ini menjadi semakin parah. Pada beberapa kasus, pasien dengan kanker yang telah dipastikan seperti papiler, meduler, dan kanker folikuler dapat selamat karena dideteksi ketika berada pada stadium pertama. Namun jika terlanjur berada pada stadium tinggi, perlu penanganan lanjutan seperti bedah atau operasi.

Baca Juga : Pengertian Difusi

About the Author: jurirakyat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *