Pengertian, Faktor – Faktor Dan Contoh Asimilasi

Pengertian, Faktor – Faktor Dan Contoh Asimilasi – Secara garis besar ‘Asimilasi’ merupakan sebuah konsep yang pada dasarnya adalah dibutuhkan oleh manusia untuk menganalisis terjadinya perubahan – perubahan dalam kebudayaan yang berlaku pada sebuah kelompok masyarakat.

Pengertian, Faktor – Faktor Dan Contoh Asimilasi
Pengertian, Faktor – Faktor Dan Contoh Asimilasi

Asimilasi termasuk ke dalam Ilmu Sosial yaitu Sosiologi. Nah, terhubung dengan inilah maka melalui artikel ini kami akan membahas tentang penjelasan mengenai pengertian, faktor – faktor dan contoh Asimilasi untuk dijadikan tambahan wawasan dan ilmu pengetahuan bagi para pembaca.

Baca Juga :

Pengertian Dari Asimilasi

Yang dimaksud dengan Asimilasi adalah sebuah proses terjadinya perpaduan antara 2 kebudayaan yang sedang terjadi dalam kehidupan suatu masyarakat hingga terbentuk kebudayaan baru yang mudah diterima oleh mereka lalu diakomodasikan kepada berbagai pihak. Maka dari itu, agar proses ini dapat berjalan dengan tertib maka diperlukan hal – hal tersebut di bawah ini sebagai fungsi pendukung, antara lain :

Kelompok – kelompok manusia yang memiliki latarbelakang kebudayaan yang berbeda – beda, selanjutnya diantara mereka mampu terjalin pergaulan secara ‘intensif’ dalam jangka waktu lama dan membawa serta kebudayaan mereka masing – masing untuk bersedia menjalani sebuah perubahan sehingga muncul kebudayaan campuran sebagai kebudayaan baru.

Faktor – Faktor Dari Asimilasi

Faktor – faktor pendorong terjadinya Asimilasi agar berjalan dengan aman adalah sebagai berikut :

Menunjukkan sikap toleransi, mampu menunjukkan sikap baik guna mendapatkan kesempatan yang sederajat dalam bidang ekonomi, menunjukkan sikap menghormati serta menghargai keberadaan orang asing beserta kebudayaan mereka, terbuka dan mau menerima kelompok – kelompok tertentu yang saat itu sedang berkuasa dalam suatu masyarakat, adanya kesamaan unsur kebudayaan yang bersifat ‘universal’, adanya perkawinan campuran diantara kelompok yang berbeda adat dan budaya, serta adanya satu musuh bersama yang datangnya dari luar.

Sedangkan beberapa faktor yang menjadi penghambat terjadinya Asimilasi dalam sebuah kehidupan bermasyarakat antara lain :

Adanya kekuasaan yang terjadi oleh kelompok mayoritas yang menyebabkan munculnya budaya baru dalam masyarakat dimana ditandai dengan munculnya aturan – aturan baru yang agak ketat cenderung ke dalam bentuk penindasan, terjadi perbedaan mencolok terhadap ciri – ciri  fisik dimana akhirnya menyebabkan masyarakat mudah berprasangka sehingga justru rentan memicu munculnya masalah sosial, bermunculan prasangka – prasangka buruk dalam masyarakat terhadap masuknya kelompok baru di lingkungan mereka, serta minimnya wawasan dan pengetahuan yang erat kaitannya dengan kemajuan yang sedang berlangsung di luar lingkungan mereka, dan berkembangnya kebudayaan yang bersifat terisolasi dari perkembangan zaman.

Contoh – Contoh Dari Asimilasi

Di Indonesia, contoh Asimilasi adalah ketika pertama kali Musik Dangdut mengalami kemajuan / sedang tren di Indonesia yang diperkenalkan oleh Roma Irama dimana selanjutnya beliau diberi gelar sebagai Raja Dangdut, juga gelar yang sama diberikan kepada Elvi Sukesih, sehingga muncul anggapan bahwa mereka berdualah yang membesarkan dan menyebabkan jenis musik yang satu ini menjadi sangat terkenal di Indonesia untuk selanjutnya disukai tidak hanya oleh para pendengar / penonton acara – acara mereka di panggung – panggung seni,  juga sesama artis dan aktor lain dari Indonesia turut menyukai dan membesarkan musik ini.

Contoh tentang Asimilasi budaya, terlihat dalam  ajaran – ajaran agama, contohnya adalah dalam ajaran agama Hindhu merupakan agama tertua di Indonesia dimana selanjutnya masuk agama – agama lain seperti Islam dan yang lainnya.

Contoh Asimilasi dalam sebuah kehidupan sehari – hari di desa – desa di Indonesia adalah ketika makan dengan menggunakan sendok makan yang banyak dilakukan oleh warga asing terutama masyarakat Eropa, dimana akhirnya prilaku ini menjadi contoh baik dalam kehidupan masyarakat kita yang umumnya memakai tangan untuk makan.

Baca Juga :

Contoh Asimilasi di dalam masyarakat adalah pengenalan gaya busana renang model bikini yang pertama kali disebarluaskan oleh turis – turis asing, juga pacaran terlalu bebas akhirnya hamil diluar nikah, dan lain sebagainya. Kondisi seperti ini sudah mulai banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia dimana jika tidak dilakukan sebuah antisipasi yang baik, maka lambat laun akan menyebabkan terjadinya Asimilasi terhadap budaya asli Indonesia.

Semoga bermanfaat !

You May Also Like

About the Author: jurirakyat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *