Pengertian, Fungsi, Bagian Dan Struktur Limpa

Pengertian, Fungsi, Bagian Dan Struktur Limpa – Melalui artikel kami kali ini akan membagikan informasi tentang pengertian, fungsi, bagian dan struktur limpa yang diharapkan memiliki banyak manfaat bagi para pembaca.

Nah yang dimaksud dengan Limpa adalah salah satu organ dari tubuh manusia yang memiliki bentuk Kelenjar dan terletak dibagian pojok kiri atas pada Rongga Perut.

Pengertian, Fungsi, Bagian Dan Struktur Limpa
Pengertian, Fungsi, Bagian Dan Struktur Limpa

Limpa yang sehat memiliki warna – warna cantik yaitu biru keunguan dan agak merah dengan ukuran yaitu sekepalan tangan laki – laki dewasa. Bentuk umum adalah lonjong serta mempunyai ukuran lebar rata – rata 12 Cm, dengan berat sekitar 150 Cm. Secara kasat mata, organ ini sulit diraba dari luar meskipun letaknya pada area Rongga Perut.

Baca Juga :

Fungsi Dari Limpa

  1. Sebagai media untuk melakukan penyaringan darah. Limpa akan bekerja untuk menghancurkan ‘eritrosit’ yang sudah berusia tua, dalam kondisi rusak, atau tidak mampu lagi melakukan fungsi secara optimal.
  2. Setiap hari Limpa berfungsi membuang sekitar 20 ml sel – sel darah yang tidak berguna lalu menghancurkan eritrosit disertai hemoglobin di dalamnya agar area sekitar dan pada Limpa terbebas untuk selanjutnya dengan mudah diubah menjadi ‘bilirubin’ yang secara langsung menuju ke dalam hati.
  3. Sebagai media untuk menyimpan sel – sel darah merah yang masih bisa dimanfaatkan meskipun jumlahnya sedikit dimana sel – sel darah merah dihancurkan agar lebih bermanfaat.
  4. Fungsi selanjutnya adalah untuk menyimpan komponen seperti zat besi yang mampu membuat sel – sel darah baru dalam porsi pas saat tubuh anda memerlukan sel – sel darah komponen seperti zat besi menyimpan komponen (contoh zat besi) yang dapat membuat sel darah baru ketika tubuh membutuhkannya.
  5. Sebagai fungsi yaitu media untuk membentuk dan menyimpan ‘limfosit’ dan ‘makrofag’ yang bermanfaat sebagai sel – sel pelindung tubuh terhadap bakteri, virus, dan benda – benda asing lainnya yang membahayakan tubuh.
  6. Penghasil antibodi dan membentuk sel – sel darah (untuk ibu – ibu hamil pada masa janin mereka sedang dalam waktu pertumbuhan).

Bagian – Bagian Dan Struktur Limpa

Limpa di dalam tubuh dibungkus oleh ‘kapsula’ yang memiliki fungsi untuk menyimpan lapisan sebanyak 2 jenis yaitu lapisan jaringan penyokong tebal yang dikenal dengan istilah medis yaitu ‘jaringan fibroelastik’ dan sebuah lapisan otot halus. Kapsula yang dimaksud berbentuk memanjang yang masuk ke dalam jaringan Limpa disebut dengan istilah medis yaitu Trabekula banyak mengandung pembuluh darah, pembuluh limfe dan pembuluh saraf.

Struktur pada Limpa tersusun oleh jaringan ikat yang lunak dimana diantara lipatan – lipatan jaringan ikat ini berisikan isi Limpa yang disebut dengan istilah medis yaitu ‘Parenkim’ atau ‘Pulpa’. Dikenal 2 jenis Pulpa yaitu Pulpa Merah dan Pulpa Putih.

Untuk Pulpa Merah terdiri atas organ bernama ‘Sinus’ yang memiliki fungsi seperti ‘Vena’ berisikan darah dan saluran jaringan Limpa dikenal dengan istilah medis yaitu ‘Splenic Cord’ atau ‘Billroth Cord’. Sedangkan Pulpa Putih berisikan sel – sel darah berasal dari pembuluh darah yang mengalir ke Limpa mengandung unsur – unsur Limpa yang lainnya. Pulpa Putih merupakan jaringan ‘Limfoid’ yang di sekitarnya dikelilingi oleh ‘Arteri’. Untuk selanjutnya Pulpa Putih menyebar ke dalam area Pulpa Merah lalu membentuk oval dengan warna baru yaitu putih kelabu. Pulpa Putih disebut juga ‘Pariarteriolar Limphoid Sheats / PALS’.

Baca Juga :

Nah, sel – sel darah tersebut di atas yang menyebabkan area bersangkutan memiliki warna yang sama yaitu merah. Selanjutnya Sinus akan mengantar dan mengalirkan darah ke Vena dan sekitarnya untuk selanjutnya cabang – cabang Vena akan membentuk Vena Limpa / ‘Vena Liemalis’ kemudian diteruskan ke sistem peredaran darah dibagian Hati / Hepar.

Semoga bermanfaat !

You May Also Like

About the Author: jurirakyat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *