Pengertian, Fungsi, Dan Jenis Motivasi

Pengertian, Fungsi, Dan Jenis Motivasi – Motivasi yang berhubungan dengan proses belajar pada dasarnya adalah salah satu bagian dari makna motivasi secara garis besar.

Dimana dalam kegiatan belajar mengajar terdapat motivasi belajar yaitu terkait dengan dunia pendidikan atau motivasi terhadap para siswa/wi atau mahasiswa/wi.

Pengertian, Fungsi, Dan Jenis Motivasi
Pengertian, Fungsi, Dan Jenis Motivasi

Maka dari itu melalui artikel kami kali ini akan membahas tentang pengertian, fungsi dan jenis motivasi yang diharapkan berguna untuk menambah wawasan atau ilmu pengetahuan.

Pengertian Motivasi menurut Sardiman (2006) menjelaskan bahwa motivasi berasal dari suku kata ‘motif’ yang artinya daya penggerak yang berasal dari dalam diri sendiri berupa subyek guna menjalankan suatu aktivitas tertentu untuk tercapainya tujuan yang ditetapkan.

Suku kata motif juga bisa diartikan sebagai sebuah kondisi ‘intern’ yang bersifat aktif pada saat – saat tertentu apabila terdapat keinginan / dorongan yang sangat kuat untuk mampu mencapai keperluan yang dimaksud.

Fungsi Motivasi Dalam Belajar

Menurut pendapat Sardiman (2001), menjelaskan tentang 3 fungsi motivasi erat hubungannya dengan kegiatan belajar, adalah sebagai berikut :

  1. Motivasi dapat mendorong munculnya tingkah laku atau perbuatan. Dimana tanpa motivasi maka sulit untuk melakukan perbuatan dengan kesungguhan hati. Jadi motivasi dalam hal ini adalah ibarat motor penggerak terhadap masing – masing kegiatan yang akan dikerjakan.
  2. Motivasi berfungsi sebagai media pengarah sehingga diharapkan akan muncul sebuah perubahan guna mencapai maksud yang diinginkan.
  3. Motivasi berfungsi sebagai media penggerak dan pendorong usaha guna mencapai sebuah prestasi.

Jenis Dari Motivasi

Secara garis besar motivasi dibedakan menjadi 2 bagian yaitu motivasi ‘instrinsik’ dan motivasi ‘ekstrinsik’.

Motivasi Instrinsik

Menurut pendapat Hamalik (2004) menjelaskan bahwa motivasi instrinsik adalah salah satu jenis motivasi yang ruang lingkupnya mencakup kegiatan / situasi dari proses / kegiatan belajar mengajar dimana keberhasilannya bersumber dari kebutuhan dan tujuan – tujuan siswa/wi yang dimaksud.

Siswa/wi bahkan mahasiswa/wi akan termotivasi secara instrinsik apabila mampu melihat kegiatan yang sedang berlangsung dengan tekun di dalam mengerjakan tugas – tugas untuk mencapai tujuan belajar yang sebenarnya.

Motivasi Ekstrinsik

 

Motivasi jenis ini berbeda dengan motivasi instrinsik karena di dalam motivasi ini keinginan siswa / wi untuk melakukan kegiatan belajar mengajar adalah dipengaruhi oleh adanya dorongan atau rangsangan dari luar. Dorongan – dorongan yang dimaksud adalah bisa berupa pujian, hadiah, hingga celaan dan hukuman / teguran dari guru.

Nah menurut Sardiman (2006), yang dimaksud dengan motivasi ekstrinsik adalah segala motif yang bersifat aktif dan masing – masing memiliki fungsi karena adanya faktor rangsangan / dorongan cukup besar dari luar. Bagian utama dari motivasi ini adalah untuk memperoleh nilai yang baik sehingga nantinya diharapkan mendapatkan hadiah.

Baca Juga :

Motivasi ekstrinsik adalah sebuah motivasi yang bertujuan untuk membangkitkan semangat hidup sehingga motivasi ini sangat dibutuhkan dalam proses belajar mengajar.

Semoga bermanfaat !

You May Also Like

About the Author: jurirakyat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *