Pengertian Penyakit Hati Dalam Islam

Pengertian Penyakit Hati Dalam Islam – Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang pengertian penyakit hati dalam Islam. Oleh karena itu, simaklah pemaparan di bawah ini dengan baik.

Pengertian Penyakit Hati Dalam Islam

Pengertian Penyakit hati adalah salah satu penyakit yang paling berbahaya apabila dibandingkan dengan penyakit jasmani lainnya. Penyakit hati adalah salah satu penyakit yang menyerang qalbu manusia. Penyakit ini tertanam di dalam jiwa dan sangat sukar untuk ditawar, selain itu penyakit ini juga bisa menular kepada manusia lain.

Orang yang menderita penyakit hati akan senantiasa menjalani hidup dengan banyak keluhan dan kufur akan nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT. Padahal Allah SWT berfirman :

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ كُلُوا۟ مِن طَيِّبَٰتِ مَا رَزَقْنَٰكُمْ وَٱشْكُرُوا۟ لِلَّهِ إِن كُنتُمْ إِيَّاهُ تَعْبُدُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezeki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar kepada-Nya kamu menyembah.” (Q. S. Al Baqarah: 172)

Penyebab Timbulnya Penyakit Hati Dalam Islam

Agar lebih memperdalam penjelasan mengenai pengertian dari penyakit hati dalam Islam, tidak ada salahnya untuk mengetahui gejala atau sebab-sebab terjadinya penyakit hati. Adapun penyebab timbulnya penyakit hati dalam Islam adalah sebagai berikut :

  • Kurangnya keimanan yang dimiliki oleh seseorang muslim

Orang yang memiliki keimanan yang kuat akan terhindar dari penyakit hati. Ada baiknya bagi seorang Muslim dan Muslimah untuk meningkatkan ketakwaan agar terhindar dari penyakit hati. Karena lemahnya keimanan dan ketakwaan seseorang pada Allah SWT, adalah gejala awal yang timbul dari penyakit hati.

  • Kurangnya rasa syukur akibat selalu mengeluh dalam hidupnya

Ibnu Katsir rahimahullah menjelaskan : “Allah memberi rizki pada mereka sesuai dengan pilihan-Nya dan Allah selalu melihat manakah yang maslahat untuk mereka. Allah tentu yang lebih mengetahui manakah yang terbaik untuk mereka. Allah-lah yang memberikan kekayaan bagi mereka yang Dia nilai pantas menerimanya. Dan Allah-lah yang memberikan kefakiran bagi mereka yang Dia nilai pantas menerimanya.” (Tafsir Al Qur’an Al ‘Azhim, 6: 553).

Baca Juga :

Lantas masihkah pantas bagi seorang muslim untuk tidak mensyukuri nikmat yang telah Allah SWT berikan?

  • Sifat syirik yang dimiliki dan sibuk mengejar dunia

Penyakit hati bisa juga disebabkan akibat seseorang berlomba-lomba dalam menimbun harta dan tidak puas ketika membandingkannya dengan orang lain yang dianggapnya lebih kaya.

Demikianlah pengertian penyakit hati dalam islam.

You May Also Like

About the Author: jurirakyat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *