Pengertian, Proses, Terjadinya Angin Darat Dan Angin Laut

Melalui artikel kami kali ini akan secara langsung membahas tentang pengertian, proses, terjadinya angin darat dan angin laut sebagai media pembelajaran bagi para siswa / wi sehingga dapat menguasai ilmu pengetahuan alam yang dimaksud dan menambah wawasan baru.

Yang dimaksud dengan angin darat adalah sejenis angin yang mempunyai laju gerak dari daratan menuju ke lautan di waktu malam hari. Sedangkan pengertian dari angin laut adalah sejenis angin sepoi – sepoi basa yang memiliki laju gerak dari lautan menuju ke daratan dimana kondisi ini terjadi pada waktu siang hari.

Angin darat dan angin laut merupakan angin yang hanya berhembus di sekitaran daerah darat dan laut saja ketika cuaca sedang cerah dimana ketika proses sedang berlangsung maka akan mempengaruhi suhu di sekitar daerah yang dimaksud yaitu pada daratan akan menjadi lebih dingin jika dibandingkan dengan suhu di lautan.

Proses Terjadinya Angin Darat Dan Angin Laut 

1. Proses Terjadinya Angin Darat

Pada waktu malam hari terjadilah angin darat dimana kondisi suhu di daratan akan menjadi lebih dingin apabila dibandingkan dengan kondisi suhu di lautan. Penyebabnya adalah sifat di daratan sangat mudah sekali menerima panas serta pada waktu malam hari lebih cepat menerima suhu dingin. Selanjutnya daratan akan berubah menjadi daerah yang bertekanan maksimum berbalik dengan kondisi di lautan mempunyai tekanan lebih rendah.

Nah manfaat dari angin darat adalah berguna untuk sekelompok nelayan guna berangkat ke tengah laut buat mencari ikan. Maka dari itu pada daerah – daerah nelayan kerap dijumpai para nelayan berangkat untuk menjala ikan pada waktu malam hari. Ketika hari menjelang pagi / siang, para nelayan tersebut sudah pulang ke rumah masing – masing guna menghitung berapa banyak ikan yang diperoleh kemarin malam di tengah laut.

Pada waktu malam hari, dorongan angin darat akan memudahkan nelayan untuk berlayar ke tengah lautan untuk mencari ikan.

2. Peoses Terjadinya Angin Laut

Pada waktu siang hari terjadilah proses angin laut, dimana suhu pada daerah lautan menjadi lebih dingin apabila dibandingkan dengan suhu di daratan. Kondisi ini terjadi karena laut memiliki sifat lambat di dalam menampung suhu panas dan lambat juga dalam melepaskannya, sehingga menjadikan daerah ini mempunyai tekanan lebih sedikit / rendah.

Manfaat dari angin laut adalah berguna untuk sekelompok nelayan untuk kembali pulang usai mencari ikan di laut.

Dari penjelasan singkat kami tersebut di atas dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa proses terjadinya angin darat dan angin laut memiliki manfaat utama untuk memudahkan kegiatan nelayan dalam mencari ikan di tengah laut.

Nah terjadinya proses angin darat dan angin laut ini akan menyebabkan garis – garis pantai mengalami perubahan yaitu dimana ombak yang terjadi karena angin dengan mudah mengikis pasir atau bebatuan di sepanjang bibir pantai dan membawa semua pasir serta serpihan bebatuan tersebut menuju ke tengah lautan. Kondisi ini akan menyebabkan garis – garis pantai mudah mengalami perubahan sewaktu – waktu.

Demikian kami mengulas secara singkat saja semoga bermanfaat !

You May Also Like

About the Author: jurirakyat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *