Tujuan dan Kepanjangan UNESCO

Tujuan dan Kepanjangan UNESCO – PBB merupakan organisasi dunia yang berperan aktif dalam menjaga keamanan dunia.

Tujuan dan Kepanjangan UNESCO
Tujuan dan Kepanjangan UNESCO

Organisasi dunia ini memiliki bagian-bagian seperti UNICEF, WHO, dan lainnya. Namun, kali ini yang menjadi pembahasan dari bagian PBB tersebut adalah UNESCO.

Lalu, Apa yang Dimaksud dengan UNESCO?

Pengertian UNESCO merupakan akronim dari United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization. Berdasarkan kepanjangan, dapat diketahui bahwa UNESCO adalah organisasi yang bernaung di bawah PBB yang bertugas untuk mengatur segala hal yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan, pendidikan, keadilan, HAM, dan peraturan hukum. U

NESCO dibentuk di kota Paris, Perancis pada 4 November 1946. Saat ini, UNESCO sudah diikuti oleh 191 negara di dunia dan memiliki markas besar yang berlokasi di UNESCO House, Place de Fontenoy, Paris, Prancis

Apa Saja yang Menjadi Tujuan Dibentuknya UNESCO?

UNESCO didirikan dengan tujuan yang jelas seperti berikut ini.

  1. UNESCO adalah organisasi yang dibentuk sebagai wadah peningkatan kerja sama bagi seluruh negara di dunia untuk memajukan pengetahuan, pendidikan, dan kebudayaan.
  2. Bertekad untuk memberantas masalah tuna aksara yang masih menjamur di kalangan masyarakat dunia.
  3. Inisiasi wajib belajar 12 tahun dan seluruh negara di dunia harus menjadi bagian dari UNESCO.
  4. Selain berfokus di bidang pengetahuan dan pendidikan, UNESCO juga berperan penting dalam menjaga kedamaian, penghapusan kemiskinan, kemajuan di bidang pendidikan, dan pelestarian kebudayaan.
  5. Meraih stabilitas pendidikan dunia karena UNESCO adalah organisasi tingkat dunia yang harus dengan bijaksana memeriksa jalannya visi misi-nya bagi keanggotaan UNESCO sendiri.

Dengan tujuan di atas, UNESCO telah melakukan berbagai kegiatan terkait seperti:

  • Konservasi Lingkungan Organisasi dalam kasus memberantas diskriminasi yang terjadi di dunia pendidikan pada tahun 1960.
  • Menindaklanjuti adanya kasus yang menyatakan bahwa manusia adalah makhluk yang selalu berbuat kejahatan pada tahun 1989.
  • Ikut serta dalam membangun sekolah-sekolah yang belum memiliki fasilitas memadai ataupun sekolah yang mengalami kerusakan yang disebabkan oleh terjadinya bencana alam.
  • Mengadakan program kebudaayaan dan kebahasaan sebagai cerminan tujuan berdirinya UNESCO.

You May Also Like

About the Author: jurirakyat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *