Asyiknya Liburan Sambil Main Layang – Layang

Asyiknya Liburan Sambil Main Layang – Layang – Uniknya, di Banjar Umadui, Desa Adat Kerobokan, tepatnya di Desa Dinas Padang Sambian Klod, Kecamatan Denpasar Barat, Denpasar, Bali, memiliki hati libur nasional sendiri untuk sekolah yang ada di sekitar tempat ini.

Pada umumnya libur nasional hanya berlaku untuk semua sekolah di Indonesia seperti untuk menyambut perayaan besar Hari Raya Galungan dan Kuningan, Idul Fitri, Kemerdekaan RI, dan yang lainnya. Sedangkan di Banjar Umadui ini memiliki beberapa hari libur untuk melayangan. Puluhan layang – layang berukuran raksasa dari seluruh dunia akan mewarnai langit Pantai Mertasari, Sanur, Denpasar, setiap tahun di bulan Agustus (28/8) dalam acara International Kite Festival, lanjutan dari rangkaian acara Sanur Village Festival (SVF).

Terdiri dari empat layangan bebean yang panjangnya mencapai ukuran maksimal 5 meter, satu layangan untuk anak – anak dengan panjang maksimal 2,5 meter, satu layangan janggan buntut, dan satu layangan kreasi. Layangan – layangan tersebut pernah dilombakan di Padang Galak, bulan Juli setiap tahun. “ Di sini (Banjar Umadui) jika lomba melayangan seperti libur nasional, hampir seluruh warga meliburkan diri dari pekerjaannya ” ujar I Nyoman Ristawan (41), ketua Sekaa (perkumpulan pemuda) Rare Angon Umadui Krug.

Krama di Banjar Umadui akan meliburkan diri dari sekolah atau pekerjaannya masing – masing jika ada lomba laying – laying yang digelar setiap tahun. Sekaa Rare Angin Umadui Krug yang paling aktif mengikuti lomba layangan. Berdasarkan dokumen wawancara Tribun Bali tahun 2015 yang lalu, mereka pernah berhasil membuat tujuh layangan dengan beragam kreasi menarik yang menonjolkan kesenian khas Pulau Dewata.

Kenapa krama banjar tersebut di atas kompak meliburkan diri ?

Terdapat puluhan layang – layang berukuran raksasa dari berbagai negara yang mewakili kesenian negara masing – masing mewarnai langit Pantai Mertasari, Sanur, Denpasar, Jumat (28/8/2015) yang lalu dalam acara International Kite Festival, rangkaian acara Sanur Village Festival (SVF). I Nyoman Mahayasa lebih lanjut menjelaskan, ketika perlombaan dimulai sejak pagi hari, banyak berseliweran anak – anak dari krama banjar hingga turis asing ikut menonton dimana secara tidak langsung para orangtua mereka seharusnya ikut untuk menjaga mereka. Karena tidak mungkin ketua Sekaa Rare Angon Umadui Krug beserta anggotanya mengawasi anak – anak pada saat lomba.

Berbagai Model Dan Bentuk Layangan Unik Dari Seluruh Dunia

Kami rangkum dari berbagai sumber, di bawah ini adalah berbagai macam bentuk layangan unik yang bersumber dari grup facebook layangan kyte flyer atau bisa dikenal sebagai grup pemain layangan. Koleksi mereka keren dan unik dengan model – model yang menantang dan pasti mampu terbang tinggi menantang angin dan langit yang biru ketika musim panas di Bali tiba.

  1. Layangan Burung 3D asal India,
  2. Layangan Kupu – Kupu asal Hawaii, Amerika Serikat,
  3. Layangan Sendaren asal Vietnam,
  4. Layanga – layang Sendaren dari Filipina,
  5. Layang – layang Sendaren asal Malaysia,
  6. Layang – layang Pesawat Alien (UFO) asal Netherlands,
  7. Layang – layang Belalang Cang Corang asal Filipina,
  8. Layangan Bangau asal India.

Dan model serta bentuk layang – layang lainya dari seluruh dunia. Anda bisa melihat gambar model layangan di atas melalui web site terkait dari grup facebook kyte flyer, juga menyediakan informasi tentang tempat – tempat berkumpul semua pehobi layang – layang dari seluruh dunia.

Dari model – model layangan tersedia, terdapat juga beberapa informasi tentang bagaimana belajar membuat layangan dengan mudah. Jika anda merasa tertarik dan ingin mengenal lebih dekat tentang model – model layangan dari seluruh dunia tersebut di atas, kunjungi segera grupnya.

Baca Juga : Pengertian Kecepatan

You May Also Like

About the Author: jurirakyat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *