Cara Budidaya Mentimun Terbukti Berhasil

Cara Budidaya Mentimun – Mentimun merupakan sayuran buah yang paling banyak kegunaannya. Selain digunakan sebagai bahan pelengkap untuk lalapan.

Cara Budidaya Mentimun Terbukti Berhasil
Cara Budidaya Mentimun Terbukti Berhasil

Mentimun juga bisa diolah menjadi acar atau dibuat jus, dan pastinya baik untuk kesehatan Anda. Jika Anda tertarik untuk membudidayakan mentimun, Anda bisa menanamnya di pekarangan rumah Anda.

Anda bisa memanfaatkan pot atau polybag jika Anda tidak ingin mengotori pekarangan rumah Anda. Berikut ini cara budidaya mentimun yang bisa Anda terapkan.

Baca juga : Perbedaan DNA dan RNA

Tahapan Cara Budidaya Mentimun

Hal pertama yang harus Anda perhatikan sebelum melakukan budidaya mentimun adalah syarat pertumbuhan mentimun agar tumbuh dengan optimal. Mentimun akan tumbuh dengan baik ketika ditanam dengan ketinggian 400 mdpl (meter diatas permukaan laut), dan cocok ditanam pada tanah dengan tekstur gembur dan pH 6-7. Serta harus mendapatkan sinar matahari yang cukup.

Tahapan pertama yang harus Anda lakukan sebelum membudidayakan mentimun adalah menyiapkan media tanam. Media tanam yang dapat Anda gunakan dan bisa anda temukan dengan mudah adalah dengan campuran tanah, pupuk kandang (kompos), dan arang sekam. Anda bisa mencampur ketiga media tanam tersebut dengan perbandingan 1:1:1. Selain itu tambahkan juga dolomite 1/100 bagian saja dan pupuk NPK 1-2 ons setiap 10 kg media tanam untuk pupuk dasar.

Kemudian masukkan media tanam tersebut pada polybag dengan ukuran diameter 10-15 cm. Setelah polybag terisi dengan media tanam, susun polybag dengan rapi. Anda bisa menggunakan jarak antar polybag 40 cm. Jangan lupa juga untuk membuat ajir atau tempat rambatan tanaman mentimun. Anda bisa menancapkan bambu dengan panjang 100-150 cm pada setiap polybag dan mengikatkan tali untuk tempat perambatan tanaman mentimun.

Media tanam yang sudah Anda siapkan baru bisa digunakan setelah 1-2 minggu. Sebelum proses penanaman, seleksi terlebih dahulu benih mentimun yang sudah Anda beli. caranya mudah, Anda hanya perlu merendam benih mentimun tersebut kedalam air.

Perendaman juga bertujuan agar benih lebih mudah untuk berkecambah. Baru kemudian tanam benih tersebut ke dalam polybag yang berisi media tanam. Anda bisa menanam 2 benih pada 1 polybag.

Pada proses perawatan tanaman, Anda bisa melakukan penyiraman air setiap pagi dan sore hari. Untuk masalah pemupukan Anda bisa melakukan pemupukan setelah tanaman mentimun berumur 14 hari, dan juga pada saat tanaman mentimun akan berbunga.

Untuk masalah pengendalian hama dan penyakit, bisa Anda lakukan ketika ada tanda-tandanya. Tanaman mentimun sudah bisa dipanen pada umur 77-85 hari setelah tanam.

Baca juga : Cara Budidaya Tanaman Buah Naga

You May Also Like

About the Author: jurirakyat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *