Cara Budidaya Tanaman Merica Untuk Pemula

Syarat Tumbuh

Syarat tumbuh dalam bercocok tanam perlu anda ketahui agar nantinya bisa mengerti dan paham. Syarat tumbuh tanaman merica atau lada dipengaruhi oleh 2 faktor yaitu Iklim dan Media tanam.

  1. Iklim

Tanaman merica ini memerlukan pertumbuhan dengan curah hujan 2000-3000 mm/pertahun. Tanaman merica atau lada ini memerlukan sinar matahari ± 10 jam per harinya dengan suhu yang harus anda ketahui yaitu 20 – 34 derajat celcius.

Cara Budidaya Tanaman Merica Untuk Pemula
Cara Budidaya Tanaman Merica Untuk Pemula

Anda juga harus memiliki tanah yang subur dengan pH mulai dari 5 – 7, ketinggian tempat juga berpengaruh dalam menanam merica. Ketinggian tempat yang diperlukan 300 – 1500 m dpl.

Sebagai informasi tambahan bahwa tanah  yang baik untuk anda menanam merica adalah jenis tanah latelitic, utisol, dan podsolik.

  1. Media Tanam Merica

Memiliki tanah yang subur dan kaya organik, tidak tergenang dan tidak terlalu kering juga. Memiliki kandungan humus tanah sedalam 1 – 2,5 m.

Pembibitan Tanaman Merica

Setelah anda mengetahui tentang syarat tumbuh merica yang ada. Anda juga harus mengetahui bibit yang diperlukan dalam penanaman bumbu dapur ini.

Secara umum merica atau yang biasa kita sebut lada, memiliki 2 cara dalam pemilihan bibit merica yaitu bibit biji atau bibit stek. Jika anda pemula dalam menanam tanaman merica atau lada lebih baik menggunakan bibit stek saja karena bibit biji lebih mahal. Namun, kembali lagi pada keinginan masing-masing ingin menanam menggunakan bibit yang mana.

Tenang saja, artikel ini akan menjelaskan kedua bibit tersebut agar anda bisa memilih.

  1. Bibit Dari Biji

Jadi terdapat beberapa unggulan jenis bibit merica atau lada. Salah satunya adalah bibit merica Bangka, jika anda sudah mendapatkan biji unggulan tadi tahap selanjutnya adalah proses penyemaian. Pada proses ini bertujuan agar calon tanaman mampu tumbuh semaksimal mungkin dan mendapat perawatan yang baik pula.

Ingat, sebelum tahap tadi anda harus melakukan proses penyeleksian tujuannya untuk melihat biji yang anda gunakan itu berasal dari biji unggulan dan berkulitas pastinya. Bibit biji yang sudah siap anda tanam memiliki ciri yaitu biji yang berwarna merah atau menguning lalu kulit luar biji anda bisa kupas dan langsung bisa di proses pada penyemaian untuk ditanam.

Bagaimana cukup mudah bukan?

  1. Bibit Dari Stek

Selanjutnya adalah pemilihan bibit dari stek. Pemilihan ini kami sarankan untuk anda lakukan khususnya jika anda merupakan pemula.

Pada kesempatan kali ini kita akan share cara untuk memperoleh bibit unggul dari tahap ini berikut ini beberapa cara yang bisa anda lakukan :

  • Jadi proses stek ini anda bisa ambil dari sulur panjat yang pertumbuhannya ke atas serta menempel pada pohon sandaran.
  • Lalu berapakah panjang stek yang diperlukan? Ya panjang stek yang diperlukan adalah mencapai 7 ruas.
  • Pemilihan bibit stek yang anda lakukan harus berasal dari indukan yang sudah berumur kurang lebihnya 2 tahun.
  • Indukan yang anda pilih pada tahap ini harus kuat dan memiliki daun hijau tua sebagai cirinya.

Dari kedua itu, anda bisa mengetahui untuk melakukan pemilihan bibit yang berkualitas dan baik. Nah tapi artikel ini tidak ada habis nya memberikan anda tips untuk memilih bibit sebagai bonusnya :

  • Pertama, bibit yang anda pilih atau beli sudah memiliki kemurnian pada jenisnya dan terjamin.
  • Kedua, bibit yang anda pilih juga berasal dari indukan yang sehat.
  • Ketiga, bibit yang anda pilih tidak dalam keadaan terserang hama dan penyakit yang ada.
  • Terakhir, indukan yang dimaksud berumur 10 bulan – 3 tahunan.

Kini anda bisa memilih bibit dengan baik dan berkualitas untuk merica yang anda tanam. Langsung ke tahap selanjutnya.

Persiapan Lahan Tanam

Setelah anda mengetahui tentang pemilihan bibit yang dilakukan anda harus menyiapkan persiapan lahan tanam.

Pengolahan tanam merica sangatlah penting agar kita mudah dalam memproduksi atau budidaya.

Hal pertama yang bisa anda lakukan adalah memastikan lokasi yang anda ingin tanami tanaman bumbu dapur ini, dengan semua syarat yang sudah terpenuhi.

Jika tidak maka kita tidak menjamin keberhasilan dalam penanaman tanaman merica. Syarat yang dimaksud adalah anda harus menyesuaikan mulai dari jenis tanah, curah hujan, pH tanah, kelembaban suhu, dan ketinggian tempat yang di perlukan. Berikut ini  cara untuk persiapan lahan tanam tanaman merica :

  1. Siapkan alat dan bahan yang diperlukan.
  2. Anda harus membersihkan lahan yang anda siapkan dari rumput serta hama yang mengganggu dengan menggunakan cangkul atau sabit yang anda punya.
  3. Setelah tahap kedua sudah dilakukan, anda bisa mencangkul tanah dengan kedalaman 30 cm agar akar baru merica dapat berkembang dengan mudah.
  4. Selanjutnya anda bisa memberikan pupuk kering dengan perbandingan 3 : 1.
  5. Jika pH tanah masih kurang dari 5, anda perlu melakukan yang namanya pengapuran tujuannya membuat tanah stabil.
  6. Di tahap ini anda mulai membuat pengajiran dengan jarak 2,5 meter pada barisan dan 4 meter antar barisan.
  7. Kemudian anda langsung membuat lubang dengan ukuran 40 x 40 x 40 dan ketinggian mencapai 20 cm.
  8. Jika sudah semua dilakukan anda tinggal menunggu lahan berumur 2 hingga 4 minggu untuk siap tanam.

Penanaman Tanaman Merica

Nah, tiba saatnya anda bisa melangkah pada proses penanaman tanaman merica atau lada.

Perlu anda ketahui, bahwa pada umumnya tanaman merica dapat anda lakukan dengan sistem monokultur atau tumpang sari.

Berikut ini adala cara penanaman tanaman merica, simak baik-baik :

  1. Buatlah jarak tanam dengan ukuran 2 x 2 meter. Jarak tersebut adalah jarak ideal untuk menanam tanaman ini.
  2. Setelah anda sudah buat jarak tanam yang tadi, anda bisa melakukan pelubangan tanam sedalam 50 cm dengan rincian ukuran sebagai berikut :

– Pada bagian ukuran atas 40×35 cm

– Pada bagian ukuran bawah 40 x 15 cm

  1. Langkah selanjutnya anda bisa diamkan lubang tanam yang sudah dibuat selama 2 minggu lamanya.
  2. Dan jika anda ingin memulai kembali, waktu yang tepat saat melakukan penanaman adalah musim penghujan.
  3. Kemudian, anda bisa melakukan penanaman pada siang hari atau sore hari agar terhindar dari teriknya sinar matahari yang ada.
  4. Nah, setelah itu anda bisa menambahkan 100 gram pupuk kompos dan siram jika penanaman sudah berhasil anda lakukan.
  5. Pemeliharaan dan Perawatan Tanaman Merica

Nah, selain tubuh kita yang harus dirawat. Tumbuhan juga harus dirawat agar memproduksi dengan hasil yang kualitas.

Tahap ini sangat penting untuk anda lakukan. Mengapa? Karena kita tidak tahu jika tanaman yang sudah kita tanam memiliki hama dan penyakit.

Kedua faktor tersebut menjadikan tanaman bisa mati dan kitapun gagal panen. Jadi kita memerlukan perawatan dan pemeliharaan. Nah, perawatan yang bisa anda lakukan untuk menjaga kualitas unggulan buah merica nantinya. Berikut ini 4 cara perawatan merica yang bisa anda lakukan :

  • Proses Pengikatan Tanaman
  • Pada proses pengikatan tanaman dilakukan agar tanaman lebih kuat dan kokoh.
  • Proses Penyiangan Dan Pembumbuan Merica

Jadi pada proses penyiangan tanaman merica ini dilakukan agar lahan bebas dari hama dan penyakit yang menyerang tanaman. Pembubunan ini anda lakukan untuk mendapat asupan nutrisi yang cukup.

Nantinya merica agar tumbuh dengan maksimal dan siap panen.

  • Pemangkasan Merica

Proses ini dilakukan agar bagian tanaman yang diserang hama dan penyakit pada bagian batang, ranting, daun agar tidak menular ke tanaman atau bagian tanaman lainnya.

  • Pemberian Pupuk

Selain pupuk organik yang sudah anda beri, anda juga bisa memberikan pupuk buatan untuk menambah kualitas merica yang diproduksi. Pupuk bisa anda berikan pada tanaman merica ketika berumur 7 hingga 10 HST. Dilakukan secara rutin selama 10 hari ya.

Panen Merica

Setelah lama menunggu, proses terakhir adalah panen. Ini adalah hal yang menggembirakan untuk kita sebagai petani atau pemula.

Ya setelah anda melewati semua tahap dengan baik produksi yang anda hasilkan cukup memberikan bukti. Tanaman merica ini dapat anda panen jika sudah berumur kurang lebih 3 tahun. Ciri – cirinya juga anda dapat kenali bahwa merica yang sudah siap dipanen memiliki tangkai yang berwarna kuning serta buah yang matang dengan warna kuning kemerahan.

Panen merica bisa anda lakukan dengan cara memetik buah merica bagian bawah sampai atas. Anda juga harus memotong pada bagian persendian tangkai buah lada atau merica yang anda tanam.

Itu tadi tutorial cara budidaya tanaman merica yang dapat kami sampaikan. Bagaimana cukup mudah bukan? Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda.

Baca Juga : Syarat Tumbuh Tanaman Anggur

You May Also Like

About the Author: jurirakyat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *