Cara mengetahui broken link dengan plugin

Cara mengetahui broken link dengan plugin – Salah satu masalah yang bisa mengintai para pemilik website atau blogger yaitu adanya broken link. Bahkan, adanya broken link bisa termasuk ke dalam masalah besar yang bisa dihadapi oleh para pemilik website atau blogger.

Cara mengetahui broken link dengan plugin
Cara mengetahui broken link dengan plugin

Hal ini karena adanya broken link bisa menurunkan nilai website tersebut di dalam hasil dari mesin pencarian. Selain itu, adanya broken link bisa membuat pengunjung website tidak mau lagi mengunjungi website tersebut. Kita sendiri juga bahkan bisa kapok jika membuka suatu website dan malah menemukan halaman error atau error page 404.

Meskipun merupakan masalah besar, adanya broken link tentu bisa diatasi dan dideteksi. Salah satu cara untuk mengetahuinya yaitu dengan menggunakan bantuan dari plugin. Metode ini bisa dibilang cukup cepat dan mudah untuk mengatasi masalah. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai cara mengetahui broken link dengan plugin, simak uraian lebih lengkapnya berikut ini:

Cara Mengetahui broken link dengan menggunakan plugin

Untuk mengetahui adanya broken link akan susah jika Anda mengecek satu-persatu link karena cara ini terlalu menguras waktu dan tenaga. Apalagi jika konten websitenya sudah sangat banyak. Karena itu, mendeteksi broken link sebaiknya dilakukan dengan menggunakan plugin. Berikut adalah cara mengetahui broken link dengan plugin:

  1. Salah satu plugin yang paling banyak dan digunakan dan direkomendasikan untuk mendeteksi broken link yaitu broken link checker. Plugin ini selain gratis juga mudah untuk digunakan. Untuk bisa menggunakannya, tentu Anda harus mengunduh dan mengaktifkannya terlebih dahulu
  2. Fitur lengkap dari plugin broken link checher bisa dicek di bagian menu settings lalu klik link checker
  3. Dalam menu ini terdapat lima pilihan, yaitu general, look for links in, which link to check, protocols & APIs, serta advanced. Pilih salah satu menu yang sesuai dengan kebutuhan Anda masing-masing.
  4. Jika sudah membuat pengaturan yang sesuai dengan kebutuhan, maka jika ada broken link Anda akan diberi notifikasi dari broken link checker.

Demikian penjelasan mengenai cara mengetahui broken link dengan plugin. Semoga bisa bermanfaat.

Baca Juga : Cara Membuat Halaman Disclaimer Blog

You May Also Like

About the Author: jurirakyat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *