Faktor Yang Menyebabkan Kegagalan Wirausaha Bisnis Online

Faktor Kegagalan Wirausaha Bisnis Online – Pada dasarnya segala hal yang ada di dunia ini bisa dengan mudah dipelajari jika anda berminat dan memiliki banyak waktu luang.

Faktor Yang Menyebabkan Kegagalan Wirausaha Bisnis Online
Faktor Yang Menyebabkan Kegagalan Wirausaha Bisnis Online

Termasuk dalam berwirausaha, menghindari kegagalan, lalu bangkit dari kegagalan. Dan agar terhindar dari kegagalan dalam berwirausaha maka berikut di bawah ini adalah beberapa faktor kegagalan wirausaha yang tersering dialami oleh para wirausahawan / wati antara lain sebagai berikut :

1. Faktor Rencana

Dalam hal ini yang dimaksudkan adalah hal – hal penting apa saja yang wajib dimiliki setiap kali anda hendak melakukan sesuatu terkait dengan usaha yang sedang dirintis. Mempunyai target terhadap rencana yang sudah matang sudah seperti sebuah keharusan agar segalanya berjalan sesuai dengan harapan. Namun satu hal yang wajib diketahui adalah rencana bukanlah sebuah kenyataan.

Itulah yang menjadi alasan kenapa ada banyak rencana yang justru berjalan tidak sesuai harapan. Jadi disarankan janganlah terlalu sibuk memikirkan rencana – rencana apa yang harus dilakukan karena usaha yang nyata adalah hal paling utama harus segera dilakukan, bukan sibuk merencanakan.

2. Faktor Tidak Mempunyai Kemampuan Manajerial

Sisi lain dari wirausaha yang patut untuk diperhatikan adalah kemampuan menajerial. Ada banyak hal – hal hingga terkecil sekalipun yang harus diatur baik itu dari sisi modal, bahan baku, hingga dengan tenaga kerja karena jika tidak mempunyai kemampuan manajerial maka faktor kegagalan wirausaha anda akan menjadi sangat besar.

Jadi ada baiknya anda mengetahui sedikit saja tips dan trik tentang kemampuan manajerial agar usaha anda berjalan sesuai dengan harapan.

3. Faktor Kurang Berpengalaman

Kurangnya pengalaman dalam satu bidang menjadikan seseorang selalu gagal dalam mencapai apa yang diinginkannya. Tetapi nukan berarti ini adalah kesudahannya justru kurangnya pengalaman adalah bisa menjadi sebuah awal baru bagi anda untuk dapat memasuki dunia baru yang tidak anda kenal sebelumnya dan hanya masalah waktu saja bagi anda untuk mengenalnya menjadi lebih jauh.

4. Faktor Lokasi Kurang Strategis

Salah satu cara untuk mampu menentukan lokasi yang startegis adalah dengan mampu menentukan target pasar anda yang mana jika sudah dapat menentukannya maka carilah tempat yang dekat dengan target pasar anda biasa melakukan kegiatan. Ini adalah salah satu cara termudah dalam menentukan lokasi yang kurang strategis.

5. Faktor Tidak Adanya Pengawasan Peralatan

Seperti diketahui bahwa peralatan termasuk sebagai salah satu asset atau kekayaan wirausaha anda yang mana tanpa itu maka usaha anda pastilah akan memiliki kendala untuk dapat melakukan aktifitas. Jadi inventarisir peralatan anda dan selalu lakukan stock opname atau penghitungan setiap akan memulai usaha dan setiap akan mengakhiri usaha setiap harinya agar peralatan anda bisa terpantau.

Yang lainnya adalah faktor tidak sungguh – sungguh dan kurang konsisten, tidak mampu menghadapi adanya transisi atau peralihan kewirausahaan, kurang mampu dalam mengendalikan keuangan, kurang memiliki target, terlalu banyak mengingat teori, jarang melakukan riset dan analisa pasar, hambatan dalam memperoleh legalitas dan perjanjian, kurang kreatif dan inovatif, cepat puas diri, mencatat laba terlalu besar, pelayanan yang tersedia sangat buruk, terlalu mudah dan cepat dalam mengembangkan usaha, kurang adanya promosi dan tidak memiliki rencana B.

Demikian kami mengulas dengan singkat tentang faktor kegagalan wirausaha bisnis online, semoga bermanfaat bagi anda para pembaca yang baik hati.

Baca juga : Cara Menemukan Broken Link

You May Also Like

About the Author: jurirakyat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *