Kepanjangan, Tugas dan Manfaat CEO

Kepanjangan, Tugas dan Manfaat CEO РCEO adalah jabatan tertinggi dalam sebuah perusahaan atau organisasi apapun. Menjadi impian demikian banyak orang karena gajinya yang wah. Tentunya gaji besar tersebut sebanding dengan beratnya kerja yang harus dilakukan.

Kepanjangan, Tugas dan Manfaat CEO
Kepanjangan, Tugas dan Manfaat CEO

CEO bertanggungjawab dalam pengambilan keputusan penting menyangkut kesuksesan jalannya bisnis perusahaan. Walaupun masukan ide atau bantuan pemikiran bisa datang dari tim manajemen yang lain, keputusan akhir untuk mengeksekusi tetap di tangan seorang CEO.

Segala keputusan penting yang terkait dengan karyawan, pelanggan, investor, masyarakat hingga urusan hukum berada ditangan CEO. Beberapa tugas memang bisa diwakilkan oleh orang lain, tetapi untuk urusan penting harus CEO yang turun tangan sendiri.

Tugas CEO

Melihat jobdesk tersebut di atas, CEO mempunyai ruang lingkup tugas yang sangat luas. Sekilas fungsinya terlihat bentrok dan berbenturan dengan jabatan manajemen lainnya. Secara spesifik berikut ini merupakan dua tugas utama seorang CEO.

Pertama, seorang CEO membuat rancangan target atau tujuan. Apa target perusahaan yang ingin dicapai dalam beberapa waktu ke depan. Entah setahun, dua tahun atau lebih lama dari itu. Setelah ada goal atau target, maka CEO harus menyiapkan sumberdaya manusia yang kompeten untuk mencapainya.

Kompetensi SDM yang baik itu sangat diperlukan agar bisa mengerjakan berbagai macam program yang dirancang oleh CEO.

Untuk itu tidak jarang seorang CEO turun langsung ikut menyeleksi calon pegawainya meskipun di perusahaannya telah ada tim HRD.

Ikut terlibat disini tentu dalam keputusan akhir menerima atau tidaknya calon pegawai berdasarkan laporan tim HRD. Terutama untuk posisi yang dinilai strategis dan menentukan masa depan perusahaan.

Setelah sumberdaya yang dibutuhkan tersedia, tugas selanjutnya seorang CEO adalah mengelola SDM itu sebaik mungkin untuk mencapai target.

Pengelolaan SDM yang benar secara alami akan membentuk kultur perusahaan. Sehingga diharapkan akan terbentuk budaya kerja yang kondusif bagi setiap orang untuk berkembang.

Yang pada akhirnya SDM tersebut secara kolektif bersama-sama akan mengejar goal yang sebelumnya diinisiasi oleh CEO atau pemimpin perusahaan.

You May Also Like

About the Author: jurirakyat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *