Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Pepaya

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman PepayaTanaman pepaya adalah salah satu tanaman yang populer di kalangan masyarakat Indonesia maupun dunia. Tanaman yang memiliki buah dengan rasa manis yang khas, sangat mudah di temukan terlebih lagi di Indonesia.

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Pepaya
Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Pepaya

Tanaman ini bisa hidup di dataran rendah dengan ketinggian hingga mencapai 1000 Mdpl dan tanaman pepaya lebih mudah hidup pada daerah yang memiliki kadar air yang tinggi.

Baca Juga : faktor yang mempengaruhi Fotosintesis

Untuk mengetahui lebih jauh tentang tanaman ini, berikut ini adalah Klasifikasi Tanaman Pepaya :

Klasifikasi Tanaman Pepaya

  • Kingdom : Plantae
  • Sub Kingdom : Viridiplantae
  • Infra Kingdom : Streptophyta
  • Super Devisi : Embryophyta
  • Devisi : Tracheophyta
  • Sub Devisi : Spermatophytina
  • Kelas : Magnoliopsida
  • Super Ordo : Rosanae
  • Ordo : Brassicales
  • Famili :Caricaceae
  • Genus : Carica L.
  • Spesies : Carica papaya L.

Morfologi Tanaman Pepaya

Setelah mengetahui klasifikasi tanaman pepaya, berikut ini adalah morfologi tanaman pepaya yang meliputi morfologi Akar, Batang, Daun, Bunga, Buah dan Biji. Berikut ini adalah penjelasannya :

  1. Morfologi Akar Tanaman Pepaya

Tanaman pepaya memiliki sistem akar tunggang (Radik primaria), Akar pada tanaman pepaya tumbuh panjang dan cenderung mendatar, dan jumlahnya tidak banyak serta memiliki sifat yang lemah. Akar pepaya memiliki warna putih kekuningan dengan bentuk membulat.

  1. Morfologi Batang Tanaman Pepaya

Tanaman pepaya memiliki batang berbentuk bulat dengan tekstur yang lunak serta arah pertumbuhannya tegak lurus dan pada bagian permukaan batangnya terdapat bekas-bekas patahan tangkai daun menyerupai spiral.

  1. Morfologi Daun Tanaman Pepaya

Daun pada tanaman pepaya merupakan daun tunggal yang berlekuk menjari dengan tangkai daun yang cukup panjang. Daun pepaya bergerigi serta memiliki bagian daun seperti tangkai daun dan helain daun dan pada bagian ujung daun berbentuk meruncing. Daun pepaya memiliki warna hijau dengan permukaan yang bertekstur agak licin dan mengkilat.

  1. Morfologi Bunga Tanaman Pepaya

Tanaman pepaya memiliki tiga jenis bunga, antara lain bunga jantan, bunga betina, dan sempurna (hermafrodit). Bunga pada tanaman ini merupakan bunga majemuk yang tersusun pada sebuah tangkai.

Bunga pepaya memiliki bentuk yang menyerupai terompet kecil dengan tangkai yang kecil, dan bagian ujungnya meruncing, serta pada bagian tengah berkelopak. Bunga pepaya sendiri memiliki warna yang kekuningan.

Sistem penyerbukan pada bunga pada tanaman ini terjadi secara silang dengan bantuan angin.

  1. Morfologi Buah Tanaman Pepaya

Buah pepaya merupakan buah sejati tunggal, yaitu buah yang terdiri dari bunga dengan satu calon buah saja. Buah pepaya memiliki getah yang cukup banyak dan getah tersebut akan semakin hilang ketika buah telah tua. Pada bagian dalam buah pepaya terdapat rongga yang berisi biji- biji kecil yang cukup banyak.

Buah tanaman ini muncul pada bagian ketiak tangkai daun dengan warna hijau saat masih muda yang kemudian berubah menjadi kuning hingga jingga pada saat buah mencapai kematangan.

Buah pepaya memiliki daging yang tebal dengan warna kemerahan yang memiliki rasa manis serta mengandung air.

  1. Morfologi Biji Tanaman Pepaya

Biji pepaya berbentuk bulat telur berukuran kecil dengan jumlah banyak yang terdapat di dalam rongga pada bagian tengah buah dengan warna kecoklatan sampai kehitaman.

Biji pada tanaman pepaya dapat secara langsung ditanam pada media tanam.

Baca Juga : Fungsi dan Struktur Kloroplas

You May Also Like

About the Author: jurirakyat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *