Macam dan Ciri Kromosom

Macam dan Ciri KromosomKromosom merupakan struktur yang membawa gen berbentu seperti benang yang terbentuk oleh asam nukleat, yaitu RNA dan DNA, dan juga terletak di dalam ijti nukleus. Kromosom bermanfaat untuk tempat penyimpanan materi genetik serta sebagai penentu dari jenis kelamin makhluk hidup.

Macam dan Ciri Kromosom
Macam dan Ciri Kromosom

Selain itu, kromosom juga memiliki peran penting saat proses jalannya DNA dalam melakukan pembentukan protein serta proses sel saat membelah dengan memastikan bahwa sel yang telah membelah memperoleh gen yang sama. Walaupun memiliki manfaat yang sama, benang kromosom masih dibagi lagi meliputi beberapa jenis.

Jenis Kromosom

Terdapat dua jenis kromosom yang dapat dipunyai oleh makhluk hidup, kromosom ini adalah genosom dan autosom. Autosom dapat diartikan juga sebagai kromosom tubuh, yaitu kromosom yang bisa menentukan sifat-sifat yang ada di tubuh. Autosom tersebut selalu mempunyai pasanyan di semua makhluk hidup.

Kromosom yang selanjutnya yaitu gonosom yang dapat diartikan juga sebagai kromosom kelamin. Tidak sama dengan autosom, kromosom jenis gonosom berguna dalam penentuan jenis kelamin makhluk hidup itu sendiri. Gonosom ditandai dengan 2 macam simbol yaitu kromosom simbol X dan kromosom simbol Y.

Apabila sebuah janin mempunyai kromosom XX, janin tersebut akan mempunyai jenis kelamin wanita. Sedangkan bila kromosom yang dipunyai janin yaitu kromosom XY, janin itu akan mempunyai jenis kelamin kelamin pria.

Selain dua jenis kromosom diatas, kromosom juga bisa dibedakan berdasarkan sentromer yang dipunyainya, mulai dari menurut jumlah sentromer maupun letaknya. Sentromer sendiri merupakan tempat untuk kromatid (lengan kromosom / benang kromosom) untuk berpegangan.

Pembagian Kromosom

Dari segi jumlah sentromernya, kromosom dibedakan menjadi monosentris, disentris, serta polisentris. Kromosom jenis monosentris, disentris, serta polisentris dikelompokkan menurut jumlah sentromer yang dipunyai yaitu berjumlah satu, dua, dan lebih dari dua.

Sedangkan menurut letak sentromer, kromosom dikelompokkan menjadi 4 jenis, yaitu submetrasentris, telosentris, metasentris, dan akrosentris.

Submetasentris mempunyai sentromer yang bertempat di sebelah bagian tengah kromosom, dan berbentuk seperti huruf l. Sedangkan metrasentris yaitu kromosom yang letak sentromernya berada di tengah yang bentuknya seperti huruf v.

Selanjutnya, telosentris merupakan kromosom yang hanya mempunyai satu lengan dengan sentromer yang terletak di pucuk lengan tersebut, dan telosentris membentuk menyerupai huruf i yang saling berpegangan. Yang terakhir yaitu akrosentrik merupakan kromosom yang letak sentromernya berada di dekat pucuk salah satu benang kromosom dan berbentuk menyerupai huruf j.

You May Also Like

About the Author: jurirakyat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *