Mengapa Web Nonton Film Bioskop Streaming Sering Diblokir?

Mengapa Web Nonton Film Bioskop Streaming Sering Diblokir? – Situs nonton film online atau web streaming adalah salah satu situs hiburan yang menyediakan berbagai jenis film yang dapat diakses oleh siapapun.

Mengapa Web Nonton Film Bioskop Streaming Sering Diblokir?
Mengapa Web Nonton Film Bioskop Streaming Sering Diblokir?

Para penggunan situs-situs web streaming dapat mencari film yang baru rilis ataupun film yang sudah tidak ditayangkan lagi di bioskop. Meskipun situs ini memiliki pengunjung yang cukup ramai, akan tetapi situs-situs nonton film online ini sering kali diblokir oleh pemerintah atau provider-provider penyedia layanan internet.

Beberapa poin dibawah ini dapat menjelaskan kenapa situs web nonton film bioskop streaming seringkali menjadi korban pemblokiran, antara lain :

1. Koleksi Film Ilegal/Bajakan

Alasan yang pertama adalah koleksi film pada situs tersebut adalah hasil bajakan dan bukan film asli yang disebarluaskan oleh pihak yang bertanggung jawab atas pembuatan film-film tersebut.

Pembajakan semacam ini sudah pasti dapat merugikan pihak terkait yang mengharapkan keuntungan dari pembuatan film yang sudah mengahabiskan biaya mahal.

Pihak-pihak tersebut tidak mungkin hanya tinggal diam saat mengetahui barang dagangannya digunakan oleh orang lain tanpa memiliki ijin resmi dari pembuat film tersebut.

2. Tidak Lulus Sensor

Alasan yang kedua adalah tidak adanya sensor yang ketat dari pihak berwenang. Hal ini juga diduga menjadi salah satu penyebab mengapa banyak situs web streaming sering menjadi sasaran pemblokiran.

Memang sudah seharusnya film yang akan dikomersilkan kepada masyarakat sebelumnya harus diperiksa terlebih dahulu agar mencapai standar kelayakan tonton. Sebab, adegan-adegan yang ada di dalam film seringkali menjadi inspirasi seseorang yang menontonnya dan jika tidak ada lembaga khusus yang menangani masalah ini bisa memberikan dampak buruk bagi para penontonnya.

Adegan-adegan yang dimaksud seperti adegan sadis, pembunuhan, asusila dsb yang bisa menjadi salah satu pemicu utama tindakan kriminal di dunia nyata.

3. Melanggar Hak Cipta

Setiap film yang dibuat sudah pasti memiliki hak cipta yang diatur oleh Undang-Undang. Hal ini ditunjukan untuk meminta pertanggung jawaban para pembuat karya dalam penyebarluasan hasil karyanya.

Selain itu, dalam undang-undang hak cipta juga melindungi para pembuat karya agar karyanya tidak disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, seperti pemilik situs web streaming.

You May Also Like

About the Author: jurirakyat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *