Pengertian Dan Manfaat Slip Gaji

Pengertian Dan Manfaat Slip Gaji – Pengertian Slip Gaji adalah sebuah dokumen yang nantinya akan dicetak sebagai salah satu bukti resmi adanya penerimaan gaji kepada para pekerja ataupun karyawan yang diberikan haknya oleh perusahaan atau pemberi gaji.

Pengertian Dan Manfaat Slip Gaji
Pengertian Dan Manfaat Slip Gaji

Secara garis besar selebaran slip bersangkutan berisikan tentang gaji bersih, gaji pokok, penambahan gaji, dan potongan gaji.

Baca Juga : Cara Membuat Download Box 

Manfaat Dari Slip Gaji

Untuk bahan informasi bahwa selebaran slip gaji yang diterima oleh para karyawan atau pekerja ternyata memiliki beberapa manfaat / kegunaan. Manfaat dari slip tersebut adalah bisa digunakan sewaktu – waktu saat akan dibutuhkan. Berikut ini adalah beberapa penjelasan tentang manfaat slip yang diberikan pada saat ada gajian.

1. Untuk salah satu syarat pengajuan kredit sepeda motor

Jika anda hendak membeli kendaraan roda dua namun belum memiliki cukup uang maka alangkah baiknya untuk segera mengajukan kredit sepeda motor dimana seseorang harus menyiapkan syarat – syarat kredir terlebih dahulu berupa salah satunya adalah slip gaji.

Slip gaji dalam hal ini biasanya berguna untuk membuktikan bahwa calon pembeli memiliki pekerjaan tetap dan pastilah mampu untuk membayar cicilan sepeda motor per bulan dengan rutin. Jadi slip bersangkutan merupakan dokumen yang sangat penting harus ada untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari – hari.

2. Untuk rujukan saat hendak melamar pekerjaan baru

Saat seorang mahasiswa sedang berniat untuk melamar pekerjaan dan sebelumnya pernah bekerja di perusahaan yang lain maka alangkah baiknya untuk melampirkan sebuah slip penggajian pada surat lamaran bersangkutan. Ini disebabkan karena slip tersebut dapat berbuna sebagai bukti bahwa anda memang pernah bekerja di sebuah perusahaan dan pernah memperoleh gaji dengan nominal yang tertera pada slip yang dimaksudkan. Slip penggajian pada kantor lama bisa bermanfaat sebagai referensi bagi perusahaan dalam memberikan gaji yang layak selanjutnya kepada si pelamar. Setelah itu gaji yang diberikan akan diperhitungkan berdasarkan atas keahlian yang dimiliki si pelamar.

3. Sebagai pengajuan KPR guna pembelian rumah

Biasanya pihak bank yang anda pilih akan meminta slip penggajian selama 3 s/d 6 bulan berturut – turut dengan ketentuan telah bekerja pada sebuah perusahaan tertentu sekitar lebih dari 1 tahun.

4. Untuk syarat pengajuan kredit alat – alat elektronik

Untuk bisa melakukan kredit alat elektronik maka pembeli nantinya harus melampirkan slip gaji yang nantinya akan dijadikan sebagai pertimbangan dalam menentukan berapa besar cicilan tiap bulannya. Di samping itu, slip tersebut juga dapat digunakan sebagai pertimbangan berapa kali pembeli bersangkutan harus membayar cicilan.

5. Untuk pengajuan KTA / kredit tanpa agunan

Bagi anda yang ingin mengajukan KTA atau kredit tanpa agunan maka salah satu syarat yang harus dilampirkan adalah slip penggajian. Perlu pula diketahui bahwa KTA bisa digunakan untuk kebutuhan hidup manusia seperti kesehatan, pendidikan, pernikahan, renovasi rumah, dan lain sebagainya.

Sehingga nantinya pihak bank bersangkutan akan memperhitungkan dan menilai nominal yang tertera pada slip bersangkutan untuk menentukan apakah calon kreditur layak atau tidak untuk mendapatkan fasilitas KTA.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang pengertian dan manfaat slip gaji, semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Baca Juga : Cara Menjadi Blogger Terkenal

You May Also Like

About the Author: jurirakyat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *