Pengertian dan definisi Modal Sosial

Pengertian dan definisi Modal SosialModal sosial adalah salah satu bagian daripada organisasi sosial, seperti halnya dengan adanya kepercayaan, norma dan jaringan, yang dapat setelah itu meningkatkan efisiensi masyarakat dengan menyediakan fasilitas aksi terkoordinasi.

Pengertian dan definisi Modal Sosial
Pengertian dan definisi Modal Sosial

Adapun memag pengertian dari modal sosial adalah sumber daya yang ada di masyarakat dalam bentuk norma atau nilai yang memfasilitasi dan membangun kerja sama dengan jaringan interaksi dan komunikasi yang harmonis dan kondusif. Modal sosial memiliki kekuatan dan kekuatan dalam beberapa kondisi sosial masyarakat.

Modal sosial menjadi hubungan yang mengubah norma-norma sosial menjadi perekat sosial yang merupakan ciptaan persatuan di antara anggota kelompok.

Modal sosial muncul dari interaksi antara orang-orang dalam suatu komunitas. Pengukuran modal sosial dapat dilihat dari interaksi, baik secara individu atau institusi, misalnya, penciptaan atau pemeliharaan kepercayaan antar warga.

Elemen modal sosial

Modal sosial sendiri memang mempunyai elemen dan komponen yang menyusunnya, yang meliputi:

  • Kepercayaan

Giddens menyatakan bahwa kepercayaan adalah sebuah keyakinan pada keandalan seseorang atau sistem, terkait dengan berbagai hasil dan peristiwa, yang keyakinannya mengekspresikan iman (iman) pada integritas cinta orang lain atau keakuratan prinsip-prinsip abstrak (pengetahuan teknis). )

  • Nilai dan norma

Nilai dan norma merupakan hal mendasar dalam proses interaksi sosial. Nilai dan norma merujuk pada bagaimana individu harus berperilaku dalam masyarakat.

Norma adalah bagian dari modal sosial yang diciptakan bukan dibentuk oleh birokrat atau pemerintah, tetapi melalui tradisi, sejarah, figur karismatik yang membangun kode etik untuk seseorang atau sekelompok orang, di mana modal sosial akan muncul secara spontan di set penentuan aturan yang mengatur dapat mengatur kepentingan pribadi dan kepentingan kelompok.

  • Jejaring sosial

Menurut Damsar (2009: 214), jaringan adalah penghubung antara simpul (orang atau kelompok) yang terkait dengan media (hubungan sosial) yang dihubungkan oleh kepercayaan. Kepercayaan dipertahankan dengan aturan yang mengikat antara kedua pihak.

Jaringan adalah hubungan antara individu yang memiliki makna subjektif terkait atau terhubung dengan sesuatu seperti simpul dan tautan.

Kepercayaan pada dimensi kebutuhan (keyakinan agama) cenderung memiliki kohesi yang tinggi, tetapi jangkauan jaringan atau jaringan yang dibangun sangat terbatas.

Peran modal sosial

Fungsi modal sosial meliputi:

  • Modal sosial ini dikenal sebagai alat untuk mengatasi konflik yang sedang terjadi pada masyarakat.
  • Berkontribusi secara independen ke integrasi sosial.
  • Berpartisipasi dalam penciptaan solidaritas sosial dengan pilar kesukarelaan masyarakat.
  • Berpartisipasi dalam pembangunan partisipasi masyarakat.
  • Sebagai pilar demokrasi.
  • Alat negosiasi pemerintah.

Maka demikianlah telah dijelaskan mengenai pengertian modal sosial, elemen, fungsi dan tipe yang lengkap, semoga, Anda dapat menambah informasi dan pengetahuan. Terima kasih.

You May Also Like

About the Author: jurirakyat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *