Pengertian Seni Rupa Murni

Pengertian Seni Rupa Murni – Kali ini kita akan membahas mengenai pengertian seni rupa murni, kita pasti sudah tidak asing dong dengan seni rupa karena memang telah diajarkan di sekolah kita masing-masing, namun masih ingatkah Anda apa yang dimaksud dengan seni rupa? Agar tidak bingung mari simak penjelasan berikut.

Pengertian Seni Rupa Murni
Pengertian Seni Rupa Murni

Seni rupa merupakan suatu cabang seni yang menghasilkan karya seni dimana bentuk dan kualitasnya bisa dirasakan oleh indra manusia, khususnya dalam hal ini adalah indra penglihatan dan Indra peraba. Ada juga yang berpendapat bahwa pengertian seni rupa sebagai cabang kesenian yang menghasilkan sebuah karya yang bisa dinikmati oleh semua masyarakat karena dapat memiliki bentuk dan wujud nyata dan dapat dilihat.

dalam cabang seni yang satu ini seorang seniman bisa menunjukkan sebuah ekspresi di dalam dirinya kepada orang lain, berdasarkan bentuknya seni rupa dapat dibagi menjadi dua:

  • Seni dua dimensi, yaitu sebuah karya seni yang hanya bisa dilihat dari satu sudut pandang saja dan mempunyai dimensi panjang serta lebar, sebagai contoh adalah, seni lukisan, seni grafis, seni relief, dan masih banyak lainnya.
  • Seni tiga dimensi, merupakan karya seni yang berbentuk seperti bangun ruang dan memiliki volume di mana dimensinya terdiri atas panjang, lebar, dan tinggi, sebagai contoh adalah, seni patung, seni arsitektur, seni kriya, seni keramik, dan masih banyak lainnya.

Dan berdasarkan penjelasan yang telah dipaparkan tadi, Ada beberapa unsur yang membentuk suatu seni, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Unsur titik, titik adalah unsur paling terkecil dan merupakan dasar dari semua ide seni yang akan dibuat oleh seniman.
  • Unsur garis, merupakan unsur yang menggabungkan semua titik-titik menjadi suatu bentuk tertentu sesuai yang dikehendaki oleh seniman.
  • Unsur bidang, bidang adalah hasil pengembangan serta penggabungan dari banyak garis sehingga menghasilkan beberapa sisi dalam suatu karya.
  • Unsur bentuk, unsur yang membuat suatu karya seni menjadi lebih bermakna dan hidup dengan segala sentuhan yang membuatnya menjadi lebih indah untuk dipandang.
  • Unsur ruang, unsur yang mempunyai sifat nyata dan semu tergantung pada dimensi nya apakah dua dimensi atau tiga dimensi.
  • Unsur warna, unsur tekstur, unsur terang dan gelap.

Nah itu saja untuk artikel kita kali ini, jangan lupa share, terimakasih.

About the Author: jurirakyat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *