Pengertian SOP Adalah

Pengertian SOP Adalah – SOP bukan sayur yang sering ibu kita masak loh ya, SOP disini adalah Standard Operating Procedure, pada dasarnya adalah pedoman yang berisi prosedur-prosedur operasional standar yang ada di dalam suatu organisasi atau perkumpulan yang berfungsi untuk memastikan bahawa semua tindakan dan keputusan, serta penggunaan fasilitas-fasilitas proses yang dilakukan oleh orang-orang di dalam organisasi yang merupakan anggota organisasi agar berjalan efektif dan efisien, konsisten, standard an sistematis (Tambunan, 2013:86)

SOP adalah jembatan atau penghubung yang menghubungkan satu titik dengan titik yang lainnya, karena itu SOP akan menentukan apakah tujuan dapat dicapai secara efektif, efisien dan ekonomis (Tambunan, 2011:5)

SOP adalah system yang disusun untuk memudahkan, merapikan dan menertibkan pekerjaan kita. System ini merupakan suatu proses yang berurutan untuk melakukan pekerjaan dari awal sampai akhir (Ekotama, 2011 :19)

SOP disusun untuk mempersingkat proses kerja, meningkatkan kapasitas kerja, dan menertibkan kinerja supaya tetap dalam bingkai visi serta misi perusahaan (Ekotama, 2011 :21)

SOP dibuat untuk menyederhanakan suatu pekerjaan supaya berfokus pada intinya tidak melebar kemana-mana serta cepat dan tepat dalam kinerja. Dengan cara ini, keuntungan mudah diraih, pemborosan diminimalisasi dan kebocoran keuangan dapat dicegah.

Hal ini biasa diterapkan pada perusahaan yang kompetitif yakni perusahaan yang semua pekerjaan bisa diselesaikan secara tepat waktu (ekotama, 2011 :20) jadi, SOP digunakan untuk menyederhanakan proses kerja supaya hasilnya optimal tetapi tetap efisien.

Diantara struktur atau bagan suatu organisasi terdapat garis-garis yang menghubungkan satu sama lain. garis-garis itu menunjukkan adanya kontak-kontak komunikasi antara pejabat yang ada dalam organisasi. Jenis-jenis komunikasi yang dilakukan antara lain berupa intruksi, laporan, koordinasi atau sekedar informasi.

Di samping itu, ada hal lain yang cukup penting terkandung dalam garis-garis tersebut, yaitu adanya mekanisme baku yang harus dilakukan secara standar disertai formalitas tertentu, dalam melaksanakan keperluan-keperluan tertentu. Mekanisme tersebut adalah apa yang biasa diamakan sebagai SOP.

SOP adalah prosedur kerja yang dibuat secara detail dan terperinci bagi semua karyawan untuk melaksanakan pekerjaan dengan sebaik-baiknya sesuai dengan visi, misi dan tujuan suatu lembaga, intansi, menurt Purnamasari (2015:13)

About the Author: jurirakyat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *