Penyebab Utama Pinjaman Anda Ditolak Oleh Pihak Bank

Penyebab Pinjaman Ditolak Oleh Pihak Bank – Bank merupakan salah satu lembaga keuangan terpercaya yang bisa menyediakan pinjaman kepada nasabahnya.

Penyebab Pinjaman Ditolak Oleh Pihak Bank
Penyebab Pinjaman Ditolak Oleh Pihak Bank

Sayangnya, mengajukan pinjaman di bank memiliki berbagai persyaratan yang harus dipenuhi. Tidak sedikit nasabah yang ditolak pinjamannya oleh pihak bank.

Untuk menghindari hal ini, simak mengenai beberapa kemungkinan penyebab pinjaman ditolak bank berikut ini:

  1. Tidak memenuhi syarat-syarat yang telah ditetapkan

Salah satu peyebab pinjaman ditolak oleh pihak bank misalnya tidak memenuhi syarat-syarat yang telah ditetapkan. Syarat-syarat ini bisa berbeda-beda tergantung pada bank yang bersangkutan dan jenis pinjaman yang diajukan. Misalnya tidak memenuhi batas usia yang ditentukan, tidak memiliki penghasilan rutin, dan lain-lain.

Baca Juga : Pengertian Dan Manfaat Slip Gaji

  1. Menyerahkan dokumen yang salah

Meskipun telah memenuhi syarat, apabila dokumen yang diserahkan masih salah maka pinjaman bisa ditolah oleh pihak bank. Pihak bank juga akan mengecek validitas dokumen, apakah dokumen tersebut masih valid dan tidak palsu atau tidak.

  1. Adanya data yang palsu

Pihak bank juga akan mengecek segala keaslian dokumen yang informasi yang diserahkan oleh calon peminjam. Jika ada data yang palsu, maka pengajuan pinjaman tersebut bisa ditolak oleh pihak bank. Proses verifikasi yang dilakukan oleh pihak bank memang cukup ketat.

  1. Calon peminjam tidak bisa dihubungi

Salah satu bagian dari proses verifikasi yang dilakukan oleh pihak bank yaitu dengan menghubungi calon peminjam. Jika calon peminjam tidak bisa dihubungi, maka proses verifikasi juga tidak bisa dilakukan. Hal ini tentu akan menyebabkan pinjaman menjadi ditolak oleh pihak bank.

  1. Jumlah penghasilan yang terlalu kecil

Biasanya, untuk bisa mengajukan pinjaman ke bank ada persyaratan minimal penghasilan yang harus dipenuhi oleh calon peminjam. Jika jumlahnya terlalu kecil atau di bawah batas, maka pihak bank berhak menolak pengajuan pinjaman tersebut.

  1. Adanya catatan buruk pada SID

SID atau Sistem Informasi Debitur merupakan sejarah pinjaman nasabah di perbankan Indonesia yang dicatat di Bank Indonesia. Sebelum memberikan pinjaman, pihak bank akan mengecek SID milik nasabah yang bersangkutan. Apabila terdapat track record yang buruk seperti perilaku pembayaran yang buruk, maka pengajuan pinjaman bisa ditolak oleh pihak bank.

Baca Juga : Negara Dengan Koneksi Internet Tercepat

You May Also Like

About the Author: jurirakyat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *